BPJS Kesehatan

Kader JKN-KIS, Permudah Akses Peserta di Hinterland

Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Batam terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil yang kebanyakan berada jauh dari pusat kota.

Kader JKN-KIS, Permudah Akses Peserta di Hinterland
ist
Kehadiran Kader JKN-KIS di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Batam di wilayah hinterland sangat membantu peserta dalam memperoleh informasi 

TRIBUNBATAM.id - Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Batam terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil yang kebanyakan berada jauh dari pusat kota.

Hal ini tentu menjadi salah satu alasan sulitnya aksesbilitas peserta JKN-KIS yang berada di pulau tersebut.

Kehadiran Kader JKN-KIS di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Batam di wilayah hinterland sangat membantu peserta dalam memperoleh informasi, melakukan pendaftaran, dan pembayaran tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor cabang.

Salah satu wilayah hinterland di Kota Batam adalah Kecamatan Bulang yang terdiri dari Kelurahan Bulan Lintang, Pulau Buluh, Temoyong, Batu Legong, Pantai Gelam dan Setokok.

Raden Susiana (42) adalah Kader JKN KIS BPJS Kesehatan Cabang Batam di wilayah Kecamatan Bulang. Raden Susiana, selaku Kader JKN KIS Kecamatan Bulang merasa senang jika kehadiran dirinya sebagai Kader JKN-KIS dapat membantu aksesbilitas peserta untuk melakukan pendaftaran dan pembayaran.

“Saya senang menjadi Kader JKN-KIS karena bisa membantu masyarakat pulau,orang pulau itu kalau mau jalan ke Batam ongkosnya besar, tapi semenjak ada saya Alhamdulillah masyarakat bisa terbantu.”

Susi demikian nama panggilannya mengaku bahwa selama menjadi Kader JKN-KIS ia membantu masyarakat dalam pendaftaran, pembayaran bahkan terkadang membantu masyarakat yang sedang kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan.

Untuk bulan ini saya bisa mengumpulkan 5-6 juta rupiah untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan dan sekitar belasan orang yang mendaftarkan diri menjadi peserta.

Kader JKN-KIS yang sudah bergabung setahun belakangan ini mengatakan bahwa kesulitan yang dialami ketika menjadi Kader JKN-KIS adalah ketika harus menempuh perjalanan panjang dari tempat tinggalnya ke kantor cabang, karena harus menggunakan transportasi laut dan darat serta kendala apabila ada aplikasi dan sistem sedang gangguan.

“Kadang saya merasa kesulitan ketika ada masalah di pembayaran, misalnya peserta mau bayar tapi sistemnya lagi gak bisa, tapi Alhamdulillah bisa saya atasi dengan koordinasi dengan staf BPJS yang di kantor”. ungkapnya.

Rahim Irham selaku Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa bulan ini ada penambahan kader JKN-KIS di wilayah Belakang Padang dan Kundur Utara serta kader JKN-KIS lain di wilayah Bengkong, Batam Kota, Lubuk Baja, dan Batu Aji.

Harapannya dengan semakin banyak Kader JKN-KIS yang tersebar di wilayah Batam dan Karimun maka akses peserta JKN-KIS di wilayah hinterland yang lain akan semakin mudah.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved