BPJS Kesehatan

Permudah Badan Usaha, KC Batam Laksanakan Kelas E- DABU

BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan kepada peserta terkait program JKN.

Permudah Badan Usaha, KC Batam Laksanakan Kelas E- DABU
ist
BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan kepada peserta terkait program JKN. 

TRIBUNBATAM.id - BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan kepada peserta terkait program JKN.

Tidak hanya tentang pelayanan kesehatan namun dari sistem dan aplikasi pun BPJS Kesehatan selalu melakukan perbaikan dan inovasi baru.

E-DABU atau Electronic Data Badan Usaha merupakan salah satu inovasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah badan usaha dalam melakukan proses mutasi tambah/kurang peserta, rekonsiliasi data peserta dan iuran badan usaha yang berbasis web.

Untuk memberikan pemahaman kepada badan usaha dalam mengakses E-DABU, BPJS Kesehatan Cabang Batam melaksanakan kelas E-DABU pada Kamis 3/5/2018 di ruang rapat kantor BPJS Kesehatan Cabang Batam di Batam Centre kemarin.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan perwakilan dari setiap badan usaha peserta JKN-KIS.

Dalam kegiatan tersebut diberikan informasi tentang penggunaan E-DABU secara benar, tips meminimalisir kemungkinan kesalahan penginputan data, serta kendala yang sering dihadapi dan cara menanggulanginya.

Menurut Adit Relationship Officer BPJS Kesehatan Cabang Batam, diadakannya kelas E-DABU ini karena banyaknya permintaan dari perusahaan yang merasakan manfaat dari aplikasi ini.

Agar lebih paham dan jelas maka dibentuklah kelas kecil sehingga para peserta dapat mempraktekkan secara langsung dan bertanya ketika ada kendala.

“Kegiatan ini dilakukan dua kali dalam seminggu dan giliran setiap minggunya, karena banyak sekali perusahaan yang ingin ikut kelas ini” Ungkap Adit.

Prinsip kerja New E-dabu adalah Self Assesment, artinya badan usaha dapat mengakses data pekerja dan anggota keluarganya yang menjadi peserta BPJS Kesehatan pada periode tertentu yang telah ditetapkan dan dapat langsung melakukan koreksi terhadap data tersebut sebelum dimigrasikan ke dalam Masterfile BPJS Kesehatan.

Akses ini diberikan setelah badan usaha melakukan registrasi dan memperolah username serta password di kantor BPJS Kesehatan.

“Untuk perusahaan lama yang belum dapat username atau password kami persilahkan datang ke kantor, kalau untuk perusahaan baru akan langsung mendapatkan username dan password ketika selesai registrasi. Ungkap Adit lagi.

Adit menambahkan mengingat banyaknya jumlah badan usaha di Batam yaitu sekitar 4.217 badan usaha maka kami mengharapkan setiap badan usaha dapat mengoptimalkan penggunan E-DABU ini dibandingkan melakukan pelaporan secara manual via email atau datang ke kantor.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help