Anambas Terkini

Polisi Incar Panitia Penerimaan CPNS Anambas. Bila Ketahuan Seperti Ini

Penerimaan CPNS di Kabupaten Kepulauan Anambas belakangan menjadi perhatian Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli

Polisi Incar Panitia Penerimaan CPNS Anambas. Bila Ketahuan Seperti Ini
TribunBatam/Septyan Mulia Rohman.
Kapolres Anambas AKBP Junoto 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Penerimaan CPNS di Kabupaten Kepulauan Anambas belakangan menjadi perhatian Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli.

Potensi kerawanan selama proses tahapan, rupanya menjadi sorotan tim salahsatunya dari Polres Anambas. "Memang ini menjadi salahsatu hal yang menjadi perhatian kami," ujar AKBP Junoto Kamis (20/9/2018).

Baca: Tim Saber Pungli Awasi Seleksi CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id, Pelamar Diminta Tak Terjebak Janji Manis

Baca: Awas! Tim Saber Pungli Siap Awasi Calo CPNS. Ini Warning dari Kapolres Tanjungpinang

Baca: Besok Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Mulai, Tim Saber Pungli Bakal Sikat Pungli & Calo

Ia mewaspadai adanya praktek oknum yang memberikan jaminan pendaftar untuk lulus dengan memberikan sejumlah uang maupun barang tertentu kepada panitia penerimaan CPNS Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2018.

Hal ini yang menjadi atensi tim saber pungli Kabupaten Kepulauan Anambas. Pihaknya pun mengimbau kepada calon pendaftar untuk tidak terlalu mudah percaya akan oknum yang bisa menjamin dengan imbalan sejumlah uang tertentu.

"Karena memang sudah dijelaskan dalam proses pendaftaran pelamar atau peserta seleksi tidak dipungut biaya," ungkapnya.

Junoto pun juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu ragu dalam melaporkan adanya indikasi dugaan pungutan liar dalam proses pendaftaran selesksi CPNS ini. Peran serta masyarakat, menurutnya merupaan hal penting dalam mengawasi dan memantau bersama seleksi penerimaan CPNS di Anambas.

"Kami harapkan peran serta bersama dalam pelaksanaan penerimaan CPNS ini," ungkapnya. Pengumuman formasi 296 orang untuk tiga jenis formasi di Anambas sebelumnya disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Anambas, Linda Maryati.

Dalam pengumuman yang ditandatangani oleh Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra itu, terdapat tiga jenis formasi masing-masing tenaga guru dengan rincian 147 orang, tenaga kesehatan sebanyak 119 orang, dan tenaga teknis sebanyak 30 orang.

"Ada beberap persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon pelamar. Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui website https://sscn.bkn.go.id atauhttp://anambaskab.go.id," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam persyatan pelamar disebutkan batas minimal Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 2,25 bagi pelamar yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Anambas, serta IPK minimal 3,00 dari perguruan tinggi terakreditasi bagi pelamar yang berasal dari luar Kabupaten Kepulauan Anambas. Hal ini dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga, kecuali bagi kriteria pelamar cumlaude.

"Proses pendaftaran secara onlin dimulai pada tanggal 26 September sampai dengan 16 Oktober 2018. Kemudian dilanjutkan dengan Pengumuman hasil seleksi administrasi pada tanggal 22 Oktober 2018. Kemudian dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) pada 29 Oktober hingga 5 November 2018," bebernya.

Ia pun menegaskan mengenai adanya pihak lain yang menjanjikan kelulusan dengn motif apapun. Menurutnya hal tersebut merupakan penipuan. Kepada peserta, kelurga, dan pihak lain pun dilarang untuk memberi sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam Peraturan Perundang Undangan.

Berkas calon pelamar pun diminta untuk untuk diantar langsung ke tempat yang telah ditentukan. Ia juga memastikan kalau pelamar tidak dipungut biaya selama melaksanakan tahapan ini.

"Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi pengadaan CPNS di lingkungan Kabupaten Kepulauan Anambas tahun anggaran 2018 dapat menghubungi call centre di nomor 0812-6809-3153 atau 0812-6809-9641 pada hari kerja pukul 08.00 sampai 16.00 WIB," ungkapnya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved