BPJS KESEHATAN

Batam Kota dan Batuaji Dapat Kuota Penerima Bantuan Iuran APBN, BPJS Kesehatan Distribusikan KIS

Kuota yang didapatkan adalah 869 jiwa yang diperuntukkan kepada masyarakat di Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Batu Aji

Batam Kota dan Batuaji Dapat Kuota Penerima Bantuan Iuran APBN, BPJS Kesehatan Distribusikan KIS
DOK BPJS

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Berdasarkan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 82/HUK/2018 tentang Penetapan Perubahan Data Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Tahun 2018 Tahap Keempat, wilayah Kota Batam mendapatkan tambahan kuota peserta dari segmen PBI yang dibiayai melalui APBN.

Kuota yang didapatkan adalah 869 jiwa yang diperuntukkan kepada masyarakat di Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Batu Aji.

Maucensia Septrina Nababan selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta mengatakan bahwa dengan bertambahnya kuota tersebut maka akan mengurangi beban masyarakat yang selama ini sulit mengakses pelayanan kesehatan karena faktor ekonomi.

Baca: BPJS Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Dokter

Baca: BPJS Ketenagakerjaan Beri Penghargaan Platinum, Salah Satunya Caterpillar Indonesia Batam

Baca: Yuk, Isi Skrining Kesehatan di Mobile JKN-KIS BPJS Kesehatan

Selain itu penambahan ini jelas meningkatkan jumlah peserta JKN-KIS menuju cakupan semesta 2019 nanti.

Ia mengungkapkan bahwa kuota yang diberikan kepada Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Batu Aji tersebut murni karena usaha dari perangkat desanya.

Hal ini dikarenakan untuk pendaftaran peserta PBI baik APBD maupun APBN, masyarakat mendaftarkan diri ke dinas terkait melalui perangkat desa.

Namun karena masyarakat masih banyak yang belum tau, sudah seharusnya perangkat desa harus lebih aktif menginformasikan ke masyarakat. 

“Kebanyakan masyarakat tidak tahu bagaimana caranya agar iuran bisa dibayarkan oleh pemerintah, untuk itu perangkat desa harus lebih aktif dan informatif," ungkapnya.

Maucensia mengatakan bahwa, ini adalah ketiga kalinya dalam tahun ini kecamatan Batam Kota mendapatkan kuota untuk peserta PBI APBN.

Sebelumnya bulan Januari kecamatan Batam Kota mendapatkan kuota sebanyak 729 jiwa, kemudian Mei 315 jiwa dan bulan ini bertambah lagi 302 jiwa sementara Kecamatan Batu Aji mendapatkan kuota PBI APBN untuk pertama kalinya.

Baca: Caterpillar Indonesia Batam dan 2 Perusahaan Raih Penghargaan Platinum BPJS Ketenagakerjaan

Baca: Beri Perlindungan ke Pekerja Rentan, Britoil Offshore Indonesia Gunakan Program GN Lingkaran BPJS TK

“Untuk Batam Kota mendapatkan kuota 302 jiwa dan Batu Aji 567 jiwa," ungkapnya.

Dengan adanya kuota yang diberikan kepada 2 (dua) kecamatan tersebut pihaknya mengharapkan hal tersebut bisa menjadi motivasi untuk daerah yang lain agar lebih aktif untuk mendaftarkan warganya sebagai peserta PBI APBN.

Maucensia mengatakan, terkait daftar peserta PBI APBN yang baru ini, pihak BPJS sudah melakukan distribusi ke wilayah Batam Kota dan Batu Aji sejumlah peserta yang sesuai data berhak mendapatkan KIS PBI APBN.

Maucensia mengaku pihaknya memang melakukan  distribusi ini dengan segera agar peserta yang berhak dapat memanfaatkan KIS nya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. (*)

Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved