BATAM TERKINI

KPU Ultimatum Parpol Tak Laporkan Dana Awal Kampanye Akan Dikenakan Sanksi

Partai politik yang terlambat mengumpulkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dapat didiskualifikasi dari kepesertaan dalam pemilihan umum 2019.

KPU Ultimatum Parpol Tak Laporkan Dana Awal Kampanye Akan Dikenakan Sanksi
TRIBUNBATAM.id/EKO SETIAWAN
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menggelar deklarasi Kampanye Pemilu Damai tahun 2019. Kegiatan ini berlangsung di Polresta Barelang, Jumat (21/9/2018) pagi 

TRIBUNBATAM. id, BATAM - Partai politik yang terlambat mengumpulkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dapat didiskualifikasi dari kepesertaan dalam pemilihan umum 2019 di daerahnya.

Komisi Divisi Hukum KPU Batam, Mulyadi mengatakan, batas akhir pengumpulan LADK dilakukan pada hari pertama dimulainya kampanye.

"Terakhir pelaporan LADK itu tanggal 23 September pukul 18.00 WIB. Tepatnya pada hari pertama kampanye dimulai," ujar Mulyadi setelah deklarasi damai pemilu di Polresta Barelang, Jumat (21/9/2018).

Baca: Hari Ini Deklarasi Kampanye Pemilu Damai, Begini Pesan Wawako Batam

Baca: KPU Batam : Parpol Sebaiknya Lakukan Deklarasi Kampanye Damai

Baca: Gelar Rapat Konsolidasi, Amsakar Jamin Timnya Berkampanye Santun

Sanksi yang diterima apabila terlambat mengumpulkan LADK, untuk setiap partai politik cukup berat."Sanksinya berbeda dengan terlambatnya administrasi DCT, kalau DCT hanya satu dapil yang di coret. Kalau untuk LADK sanksinya lebih berat.

Kepesertaan partai politik sebagai peserta pemilu bisa dicoret di daerah yang bersangkutan. Partai dan calegnya dapat didiskualifikasi dari Kota Batam,"ujarnya.Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza Irwansyah Rezeki mengimbau kepada ketua dan bendahara partai agar tidak terlambat dalam mengumpulkan LADK.

"Sehari sebelum kampanye, tepat besok (22/9/2018) diharapkan kepada seluruh partai politik mengumpulkan LADK.

Ini menjadi atensi untuk Ketua, Sekretaris dan Bendahara partai politik," ujarnya.Setiap partai politik, harus mempunyai rekening sendiri untuk LADK. Nominal dana kampanye sudah di atur dalam PKPU."Harus ada rekening sendiri untuk LADK.

Nominalnya sudah di atur dalam PKPU tidak perlu banyak, gak mungkin juga gak ada sama sekali kan.Dalam pembukaan giro saja sudah minimal Rp 1 juta itu harus segera dilakukan ketua, sekretaris bendaraha partai," tutupnya. (*)

Penulis: Dewangga Rudi Serpara
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved