WAJIB TAHU, RSUD Embung Fatimah Mulai Terapkan Pendaftaran Pasien Online. Begini Caranya

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam mulai menerapkan pendaftaran pasien dalam jaringan (daring) atau online.

WAJIB TAHU, RSUD Embung Fatimah Mulai Terapkan Pendaftaran Pasien Online. Begini Caranya
tribunbatam/ian pertanian
Suasana depan RSUD Embung Fatimah 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Masih dalam upaya meningkatkan pelayanannya kepada pasien, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam mulai menerapkan pendaftaran pasien dalam jaringan (daring) atau online.

Direktur RSUD Embung Fatimah, Ani Dewiyana mengatakan, kebijakan baru ini berlaku baik untuk pasien baru maupun pasien lama. Meski begitu, diakuinya saat ini layanan yang sudah berjalan memang baru untuk pasien rawat jalan.

"Sekarang pasien sudah bisa daftar online. Memang baru beberapa layanan. Tapi ke depan semua layanan kita buat online," kata Ani, Jumat (21/9/2018).

Pendaftaran pasien via online ini, dimaksudkan untuk memberi kemudahan bagi pasien dalam berobat. Sehingga pasien tak perlu mengantre lama. Selain itu juga untuk lebih memberikan kepastian pelayanan.

"Kami harap dengan layanan online ini semakin mempermudah masyarakat yang ingin berobat ke RSUD," ujarnya.

Ani melanjutkan, bagi masyarakat yang ingin berobat di RSUD Embung Fatimah, pendaftaran online bisa dilakukan dengan mengakses situs https://rsudef.batam.go.id. Kemudian pasien memilih "Pendaftaran Online".

"Bagi pasien lama, bisa langsung memasukkan nomor rekam medik di Kartu Pasien dan nomor induk kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk," kata Ani.

Sedangkan bagi pasien baru, bisa menekan tulisan biru di bagian bawah. "Belum terdaftar sebagai pasien?".

"Untuk pendaftaran pasien baru, cukup dengan memasukkan data berupa NIK di KTP, tempat lahir, nomor telepon, alamat email. Selanjutnya tekan tombol Validasi Data," ujarnya.

Lebih lanjut, bagi pasien yang sudah tahu mau berobat ke dokter mana, bisa memilih bagian Layanan Rumah Sakit di bagian tengah. Pada bagian ini, pasien bisa langsung memilih poli yang dituju.

"Setelah itu memilih dokter dan jadwal praktik sesuai keinginan pasien," kata Ani.

Sekadar informasi, RSUD Embung Fatimah kini memiliki 22 jenis layanan rawat jalan. Di antaranya Poli THT, gigi, fisioterapi, hemodialisa, poli kulit kelamin, mata, jantung, jiwa, syaraf, poli anak, urologi, bedah syaraf, akunpunktur, dan lainnya.

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help