Harga Sembako Impor di Pasar Cahaya Garden Alami Kenaikan

Melambungnya nilai mata uang dolar berdampak pada kenaikan harga sembako yang diimpor dari luar Indonesia

Harga Sembako Impor di Pasar Cahaya Garden Alami Kenaikan
TRIBUNBATAM/ Endra
Suasana pasar Cahaya Garden, Bengkong, Minggu (23/9/2018) 

TRIBUNBATAM.id BATAM - Melambungnya nilai mata uang dolar berdampak pada kenaikan harga sembako yang diimpor dari luar Indonesia.

Hal itu terpantau di kawasan pasar Cahaya Garden, Bengkong.

Jhons pedagang di pasar tersebut, mengatakan sudah sejak tiga hari yang lalu kenaikan sejumlah sembako impor alami kenaikan.

"Sudah tiga hari ini bang naiknya. Yang naik Wortel, Brokoli, Lemon, Bawang Birma, Bawang Putih naik semua," katanya saat di temui Tribun Batam, Minggu (23/09/2018).

Untuk wortel sebelumya perkilogram Rp 12 ribu. Kini menjadi 17 ribu perkilogram. Brokoli yang sebelumnya Rp 38 ribu perkilogram, kini naik menjadi Rp 47 ribu perkilogram.

"Bawang Birma juga naik, sebelumya Rp 10 ribu perkilogram. Kini menjadi Rp 15 perkilogram. Bawang putih pun naik menjadi Rp 17 ribu yang sebelumnya Rp 15 ribu perkilogram," ucapnya.

Tidak hanya itu, harga lemon yang biasa di jual perbiji Rp 5 ribu, kini juga mengalami kenaikan Rp 8 ribu perbijinya.

Tentu hal ini mendapat reaksi protes sejumlah ibu-ibu yang berbelanja. Reni salah satunya. Mengaku sangat kecewa dengan naiknya harga sembako tersebut.

"Udah mulai lagi ini naik sembako. Ini baru beberapa aja yang naik, tunggu aja bentar lagi, bisanya merembet kesemuanya," ucapnya kesal.

Pantaun Tribun Batam, harga sayur bayam, dan sayur kangkung masih normal dengan harga Rp 12 perkilogram. Namun untuk sayur sawi minyak naik menjadi Rp 13 perkilogram yang sebelumnya Rp 8 perkilogram.

"Tomat Medan naik juga jadi Rp16 ribu perkilogram yang sebelumnya Rp 12 ribu perkilogram. Timun yang murah. Sekarang hanya Rp 3 ribu perkilogram," ucap johons kembali.

Sedangkan cabe rawit yang sebelumnya Rp 36 ribu perkilogram. Kini mengalami kenaikan Rp 42 ribu perkilogram. Namun untuk cabe merah dan cabe setan masih dalam harga normal.

Yakni Rp 36 ribu perkilogram dan Rp 40 ribu perkilogram

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help