ANAMBAS TERKINI

Koordinator Sekretariat Bawaslu Anambas Diberhentikan, Agus Malah Tahu dari Grup WA

Saya tahu surat ini dari grup berbicara lini masa (whatsapp) satu hari setelah surat ini dikelurkan. Secara resmi saya belum menerima suratnya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Anambas Diberhentikan, Agus Malah Tahu dari Grup WA
logo bawaslu 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Posisi Koordinator Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepuluan Anambas mendadak jadi sorotan. Jabatan yang sebelumnya ditempati oleh Ir Agus Supratman, ‎mengalami pergantian dan dikembalikan ke Pemerintah Daerah.

Agus yang ditemui mengaku kaget dengan pemberhentian yang dipertegas dengan keluarnya surat dari Bawaslu Provinsi Kepri per tanggal 18 September 2018.

Dia merasa tidak pernah dimintai tanggapan sampai akhirnya surat yang ditandatangani oleh Kepala Sekretariat Provinsi Kepri, Dasnil dengan nomor 083/Set/Bawaslu-KR/ KP0307/IX/2018 itu diterbitkan.

"Saya tahu surat ini dari grup berbicara lini masa (whatsapp) satu hari setelah surat ini dikelurkan. Secara resmi saya belum menerima suratnya. Justru kalau ditanya, saya heran saja diganti," ujarnya, Minggu (23/9/2018).

Baca: Massa dan Polisi Saling Dorong di Lokasi TPS. Begini Cara Polres Anambas Atasi Ricuh Pilkada

Baca: Usai Apel Pasukan, Polres Anambas Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu

Baca: Penyandang Disabilitas Masuk Formasi Khusus CPNS. Ini Penjelasan BKD Pemkab Anambas

‎Agus menjelaskan, komisioner Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas memang pernah memanggil dirinya. Hanya saja pada saat pemanggilan itu, ia sedang menjalani cuti sehingga tidak bisa memenuhi panggilan untuk rapat dengan komisioner Bawaslu Kabupaten.

Ia pun sudah melayangkan surat ke Bawaslu Republik Indonesia untuk meminta penjelasan per tanggal 20 September 2018. Dalam surat itu, ia meminta penjelasan mengenai surat yang dikeluarkan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepri.

"Dengan dikeluarkannya surat ini, Bawaslu Provinsi Kepri terkesan sepihak dalam menerima informasi. ‎Hal ini pun tanpa melakukan koordinasi dengan Pemerintah setempat. Karena dulu, Bawaslu yang meminta tenaga Sumber Daya Manusia untuk mengisi Sekretariat ke Pemerintah Daerah," ungkapnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas, Yopi Susanto yang dikonfirmasi membenarkan adanya penggantian Koordinator Sekretariat di Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas.

Yopi mengatakan, alasan proses penggntian merupakan kewenangan di provinsi. Ia kemudian menjelaskan kalau pengganti koordinator seretariat tinggal menunggu yang datang dari Provinsi Kepri.

"Iya Bang. Sudah diganti per tanggal 18 September 2018 kemarin. ‎Untuk pengantinya secara Surat Keputusan sudah, tinggal menunggu penganti sementara dari Provinsi," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan seluler.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved