PILEG 2019

KPU Jelaskan Tudingan hingga SBY WO Deklarasi Kampanye Damai. Di Jalanan Siapa Bisa Atur

"Sebetulnya sudah kami atur itu semua di dalam jalur karnaval karena kalau di luar itu kita tidak bisa nuntut," ujar Ketua KPU

KPU Jelaskan Tudingan hingga SBY WO Deklarasi Kampanye Damai. Di Jalanan Siapa Bisa Atur
Para tokoh partai menggunakan pakaian adat dan tokoh pewayangan 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan bahwa pihaknya sudah berupaya mengatur rute pawai festival baju adat kampanye damai agar berjalan sesuai rencana.

Hal itu disampaikan KPU usai aksi walk out Ketuk Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dari pawai festival. SBY mengangggap banyak aturan atribut parpol yang dilanggar.

"Sebetulnya sudah kami atur itu semua di dalam jalur karnaval karena kalau di luar itu kita tidak bisa nuntut," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Baca: Deklarasi Kampanye Damai Lancar, SBY Tiba-tiba Walk Out

Baca: Putra Respaty Tampung Uneg-uneg Sambil Senam Bersama Warga

Baca: Jokowi dan Prabowo Pegang Kemudi Mobil Golf Saat Parade Deklarasi Kampanye Damai

"Tiba-tiba banyak orang berdiri di pinggir jalan dan mengibarkan sesuatu. Tapi semua yang di jalur car free day sudah diatur," sambung dia.

Arief yakin tidak ada atribut partai politik selain yang disediakan langsung oleh KPU sesuai kesepakatan bersama partai politik di rute pawai festival. "Khusus acara ini semua terkontrol, jumlah kaos dan atribut diberikan semua diperlakukan adil," kata Arief.

Sementara itu Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan bahwa keberadaan atribut parpol berada di luar rute pawai festival. Sehingga KPU tak mungkin mengatur hal itu.

"Di area kita ini, di area menjadi rute jalan pawai itu clear. Masyarakat semua melihat, tapi begitu keluar dari area kita lihat ada pendukung kedua kubu. Sementara yang di dalam wilayah karnaval merupakan anggota partai," kata dia.

Pada Minggu pagi, KPU menggelar pawai festival deklarasi kampanye damai. Rute pawai yakni start di area dalam Monas, keluar ke pintu utara Monas melalui Jalan Silang Monas Barat Laut, lalu ke Jalan Medan Merdeka Barat, dan masuk kembali ke area Monas melalui Jalan Silang Monas Barat Daya.

Berdasarkan data KPU, rute pawai festival deklarasi kampanye damai tersebut sepanjang 3 km. Pawai festival diikuti oleh pimpinan KPU, pasangan capres-cawapres, serta pimpinan partai politik dengan manaiki mobil golf. Sesuai aturan, peserta pawai harus mengenakan pakaian adat.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, SBY sempat mengikuti festival namun tak sampai tuntas. Itu karena SBY menganggap banyak aturan yang dilanggar.(*)

Editor: Purwoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved