BATAM TERKINI

25 Ribu Pencaker Serbu Batam, Paling Banyak Lulusan SMA

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengakui, bahwa dari 25 ribu jumlah pencari kerja dari luar Batam.

25 Ribu Pencaker Serbu Batam, Paling Banyak Lulusan SMA
TRIBUNBATAM.id
Suasana saat pencari kerja memadati di MPH Batamindo, Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengakui, bahwa dari 25 ribu jumlah pencari kerja (Pencakar) dari luar Batam.

Rata-rata kebanyakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), dan sebagian ada yang Diploma 3 (D3), Strata 1(S1).

"Kebanyakan lulusan SMA yang saya ketahui, kalau D3, S1 itu hanya sebagian kecil saja yang mengurus Kartu Kuning di Kantor Disnaker Kota Batam," terang Rudi, Selasa (25/9/2018).

Lanjutnya, adapun 25 ribu lebih pencaker dari luar Batam ini diketahui dari data kepengurusan Kartu Kuning pencakar yang masih memiliki e-KTP dari luar Batam sepanjang tahun 2018.

"Data keseluruhan kita ketahui dari data pengurusan kartu kuning pencaker dari luar Batam sepanjang tahun ini, dan rata-rata tamatan SMA," tuturnya.

Baca: 43 Rumah Disapu Angin Puting Beliung, Bupati Bintan Serahkan Bantuan

Baca: Sudah Serahkan SP 3, Tim Terpadu Segera Tertibkan Kios Liar di Bengkong Bengkel

Baca: Pedagang Pasar Induk Akan Tetap Direlokasi, Ini Solusi yang Ditawarkan Pemko Batam

Sementara saat disinggung apakah dari 25 ribu pencaker dari luar Batam ini adalah kebanyakan pencaker yang melamar CPNS di Provinsi Kepri, Rudi mengakui hanya sebagian kecil saja.

"Karena pencaker dari luar Batam yang hingga 25 ribu kebanyakan tamatannya SMA saja, hanya sebagain yang D3 dan S1,"ujarnya.

Dia juga memberitahu, bahwa biasanya pelamar CPNS yang datang dari luar Batam itu, sudah mengurus kartu kuning dari daerah masing-masing.

Terkecuali mereka sudah sampai di Batam dan belum mengurus, dan akhirnya mengurus dari Disnaker Kota Batam.

"Kalau pelamar CPNS dari luar Batam itu, hanya sebagian kecil saja yang mengurus kartu kuning ke kita, dan tidak terlalu banyak yang saya ketahui,"ungkapnya. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved