LIGA 1

Empat Liga di Dunia Pernah Dihentikan Terkait Tragedi Suporter. Inilah faktanya

Terdapat empat liga lain, termasuk Liga Italia, yang pernah dihentikan karena kasus suporter.

Empat Liga di Dunia Pernah Dihentikan Terkait Tragedi Suporter. Inilah faktanya
TWITTER/LIGA1MATCH
Persib vs Persija 

TRIBUNBATAM.id - Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, telah resmi dihentikan sementara oleh PSSI sampai batas waktu yang belum ditentukan pada Selasa (25/9/2018).

Hal ini menjadi keputusan PSSI menyusul kasus kematian suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla, akibat pengeroyokan yang dilakukan oknum pendukung Persib Bandung, Minggu (23/9/2018).

Baca: AFC U16 2018 - Timnas U16 Korea Selatan Tim Pertama yang Lolos 8 Besar, Afghanistan Tersingkir

Baca: BREAKING NEWS - Akibat Insiden Berdarah GBLA, Menpora Resmi Stop Liga Indonesia

Baca: Edy Rahmayadi Marah saat Live di Kompas TV : Saya Sedang Banyak Tugas

Liga 1 bukan kompetisi pertama yang dihentikan karena kasus kematian suporter. Dikutip dari BolaSport.com, terdapat empat liga lain, termasuk Liga Italia, yang pernah dihentikan karena kasus suporter.

Berikut adalah empat liga tersebut:

1. Liga Uruguay

Pada 2016, Liga Uruguay sempat mandek selama sepekan. Penyebabnya, pada 28 September 2016, suporter tim Penarol, Hernan Fioritto, meninggal dunia setelah ditembak oleh fans tim rival, Nacional. Dilansir BolaSport.com dari Goal, kejadian tersebut terjadi saat Fioritto dan kelompoknya tengah merayakan ulang tahun Penarol yang ke-125 di Santa Lucia.

Federasi Sepak Bola Uruguay (AUF) pun langsung mengambil langkah tegas atas kejadian tersebut. "Setelah mengetahui kematian fans sepak bola berusia 21 tahun, Komite Eksekutif AUF memutuskan untuk menunda semua kegiatan yang digelar pada pekan ini," bunyi pernyataan resmi AUF.

"Yang paling penting bagi sepak bola Uruguay adalah tak ada yang lebih penting daripada nyawa seorang penggemar," tulis AUF menambahkan.

2. Liga Mesir

Bentrokan antara suporter dan aparat keamanan membuat Liga Mesir dibekukan pada 2015. Dilansir BolaSport.com dari Telegraph, suporter Zamalek terlibat insiden dengan polisi yang berjaga saat menyaksikan laga melawan tim rival, ENPPI, di Kota Kairo.

Halaman
12
Editor: Purwoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved