BATAM TERKINI

Sebanyak 25 Ribu Pencari Kerja Luar Batam akan Sulit Bekerja Bila tak Punya Skill

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam,Rudi Sakyakirti mengakui, dari 25 ribu jumlah pencari kerja (Pencakar) luar Batam, rata-rata lulusan SMA.

Sebanyak 25 Ribu Pencari Kerja Luar Batam akan Sulit Bekerja Bila tak Punya Skill
tribunbatam/dewi haryati
Kepala Disnaker Batam, Rudi Syakyakirti 

TRIBUNBATAM.id,BATAM-Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam,Rudi Sakyakirti mengakui, dari 25 ribu jumlah pencari kerja (Pencakar) dari luar Batam, rata-rata kebanyakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), dan sebagian ada yang Diploma 3 (D3), Strata 1(S1).

"Kebanyakan lulusan SMA yang saya ketahui, kalau D3, S1 itu hanya sebagian kecil saja yang mengurus Kartu Kuning di Kantor Disnaker Kota Batam,"terang Rudi, Selasa (25/9/2018).

ia menyebut  adapun 25 ribu lebih pencaker dari luar Batam ini diketahui dari data kepengurusan Kartu Kuning pencakar yang masih memiliki KTP-el dari luar Batam sepanjang tahun 2018.

Baca: Terlilit Utang hingga Soal Pesangon, Kadisnaker Ungkap Kasus Tutupnya PT Nagano Drilube Indonesia

Baca: BREAKINGNEWS: Hotel Goodway Batam Tak Beroperasi Sejak 21 Agustus, Ini Penjelasan Kadisnaker

Baca: Pejabat Disnaker Sumut Meninggal Akibat Stroke Saat Jalani Pemeriksaan di Kantor Polisi

"Data keseluruhan kita ketahui dari data pengurusan kartu kuning pencaker dari luar Batam sepanjang tahun ini, rata-rata tamatan SMA,"tuturnya.

Sementara saat disinggung apakah dari 25 ribu pencaker dari luar Batam ini adalah kebanyakan pencaker yang melamar CPNS di Provinsi Kepri, Rudi mengakui hanya sebagian kecil saja.

"Karena pencaker dari luar Batam yang hingga 25 ribu  orang kebanyakan tamatannya SMA saja,hanya sebagain yang D3 dan S1,"ujarnya.

Dia juga memberitahu, biasanya pelamar CPNS yang datang dari luar Batam itu, sudah mengurus kartu kuning dari daerah masing-masing.

Terkecuali mereka sudah sampai di Batam dan belum mengurus, dan akhirnya mengurus dari Disnaker Kota Batam.

"Kalau pelamar CPNS dari luar Batam itu, hanya sebagian kecil saja yang mengurus kartu kuning ke kita, dan tidak terlalu banyak yang saya ketahui,"ungkapnya. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved