Anambas Terkini

Ratusan Pelajar SMAN 1 Siantan Timur Antusias Menulis Berita. Ini Teknik Dasar yang Diajarkan

Seratus pelajar SMAN 1 Siantan Timur antusias dalam lomba menulis berita

Ratusan Pelajar SMAN 1 Siantan Timur Antusias Menulis Berita. Ini Teknik Dasar yang Diajarkan
TRIBUN/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Pelajar SMAN 1 Siantan Timur saat mendengarkan penjelasan dari narasumber Rabu (26/9/2018). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Seratus pelajar SMAN 1 Siantan Timur antusias dalam lomba menulis berita.

Gabungan dari pelajar kelas XI dan XII ini, sebelumnya mengikuti sosialisasi keselamatan bernelayan yang dilakukan oleh perwakilan gabungan perusahaan Migas yang memiliki base di Matak dan menjadikan materi tersebut bahan untuk menulis berita.

Mereka pun terdengar kompak ketika perwakilan salahsatu media menanyakan mengenai teknik dasar dalam menulis berita.

"Sudah, Bang. Kami paham. Yang 5W 1H itu kan," sebut sejumlah pelajar yang dikumpulkan di salahsatu ruangan itu Rabu (26/9/2018).

Pemberian materi mengenai menulis, diketahui sudah diberikan oleh pelajar kelas XII di sekolah itu. Indah Kepala Sekolah SMAN 1 Siantan Timur mengatakan, dengan adanya lomba menulis berita ini, dapat memunculkan kembali budaya menulis di kalangan pelajar.

Pihaknya pun meminta sedikit gambaran kepada perwakilan media di Anambas untuk menjelaskan kepada profesi wartawan.

"Kami berharap program dan kegiatan ini masih berlanjut. Kami berharap, ada wartawan kecil yang di sekolah-sekolah sehingga memunculkan kembali budaya menulis," ungkapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada perwakilan perusahaan migas yang memiliki base di Matak termasuk perwakilan awak media yang sudah meluangkan waktu untuk bisa hadir di Kecamatan Siantan Timur.

Kegiatan ini pun, menurutnya merupaan kali pertama dilakukan di sekolah yang ada di Desa Nyamuk ini.

"Minat anak-anak tentang profesi wartawan ini cenderung tidak tahu. Padahal, sejatinya tugas wartawan adalah pekerjaan yang mulia. Bahkan bisa dikatakan pahlawan," ungkapnya. Asril Masbah mewakili media di Anambas mengucapkan terima kasih kepada tim dari perusahaan migas yang memiliki base di Matak dan sekolah yang memberikan ruang untuk melaksanakan kegiatan. Selain di SMAN 1 Kecamatan Siantan Timur, sosialisasi dan lomba menulis ini juga dilakukan di SMAN 1 Palmatak pada tanggal 24 September dan di SMAN 1 Siantan pada tanggal 25 September 2018.

"Jadi, hari ini merupakan hari ketiga. Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah dan tim dari WNC," ujarnya.

Dalam pemaparan yang dilakukan tim perwakilan perusahaan migas, pihaknya menjelaskan bahaya memancing dekat platform migas di lepas laut. Dalam pemaparan kepada pelajar itu, dijelaskan batas aman memancing 500 meter dari platform.

Hal ini dikarenakan potensi bahaya seperti kebakaran yang dikhawatirkan bisa terjadi di area platform yang sudah ditetapkan sebagai objek vital nasional oleh Peraturan Menteri Perhubungan itu.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved