TANJUNGPINANG TERKINI

10 Fakta Penyelidikan Korupsi Pelabuhan Tanjungmoco, Kasipidsus Kejari Tanjungpinang Akui Tidak Tahu

Proyek ini memakan anggaran APBN melalui kementrian Perhubungan yang diserahkan kepada KSOP Tanjungpinang lebih dari Rp 117 miliar

10 Fakta Penyelidikan Korupsi Pelabuhan Tanjungmoco, Kasipidsus Kejari Tanjungpinang Akui Tidak Tahu
Pelabuhan Tanjungmoco senilai Rp 117 miliar yang saat ini diselidiki Kejari Tanjungpinang 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Pengembangan sektor maritim dilaksanakan demi mendongkrak ekonomi masyarakat dan menghasilkan pundi-pundi tambahan bagi kas negara. Seperti halnya proyek prestisius pelabuhan barang atau petikemas Tanjungmoco Dompak.

Proyek ini memakan anggaran APBN melalui kementrian Perhubungan yang diserahkan kepada KSOP Tanjungpinang lebih dari Rp 117 miliar. Pembangunan proyek telah bergulir sejak 2010 hingga 2015.

TRIBUNBATAM.id akan mengulas kembali apa sebenarnya yang terjadi dengan proyek tersebut. Kenapa proyek itu bermasalah? Apakah karena ketidakmampuan pengelolaan keuangan atau kontraktor yang justru tak becus menangani kasus tersebut.

Baca: Asalan Meteran Listrik Diremajakan, Warga Malah Tertipu dan Harus Bayar Denda. Ini Besarannya

Baca: Asian Games Telah Usai, BPJS Ketenagakerjaan Tetap Biayai Pengobatan Atlet Hevrilia Hingga Sembuh

Baca: Tampil Milenial, TKN Jokowi - Maruf Amin Luncurkan Kaus #01

Beberapa poin berdasarkan data dan informasi berbagai sumber yang telah didapat TRIBUNBATAM.id dilapangkan. Diantaranya sebagai berikut.

1. Dikucurkan tahun 2010

Proyek ini menjadi salah satu proyek bergengsi di Kepri. Sejak tahun tersebut anggaran tiap tahun dikucurkan secara bertahap. Pengerjaan pun dilaksanakan dengan mengawali pembangunan Dermaga sejauh lebih kurang 100 meter dengan lebar yang hanya sekitar 10 meter.

Dari pantauan, masih ada tiang pancang yang tersisa lanjutan dari pembangunan Dermaga. Disekitar Dermaga ini nyaris kosong tak ada satupun bangunan atau progres pembangunan dari pelabuhan itu.

2. Kisaran anggaran dari Rp 5 miliar hingga Rp 65 miliar

Cukup fantastis angka dana yang digelontorkan untuk pembangunan pelabuhan Tanjung Moco ini. Berdasarkan data yang diterima dari Kejari Tanjungpinang yang kala itu di tangani oleh Kasipidsus Kejari Tanjungpinang Beny Siswanto SH MH.

Tahun 2010 dana digelontorkan senilai Rp 25 miliar. Kemudian tahun 2011 pemerintah pusat kembali mengucur Rp 5 miliar. Kemudian berlanjut tahun 2012 sebanyak Rp 65 miliar dan 2015 sebayak lebih kurang Rp 20 miliar.

Halaman
1234
Penulis: Wahib Wafa
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help