ANMABAS TERKINI

Laporan Awal Dana Kampanye, Ini yang Dilakukan KPU Amambas Terhadap NPWP Caleg

Kami akan melihat kondisinya. Apabila memang di luar kemampuan, akan kami bahas melalui pleno KPU. Misalnya NPWP sudah selesai dibuat

Laporan Awal Dana Kampanye, Ini yang Dilakukan KPU Amambas Terhadap NPWP Caleg
Logo Pemilu 2019 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas bakal melihat kondisi dan situasi terkait penyerahan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Calon Legislatif.

Jufri Budi Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, sikap fleksibel yang dimaksud apabila caleg yang bersangkutan sedang mengurus NPWP namun belum bisa melampirkan bukti fisik NPWP itu.

"Kami akan melihat kondisinya. Apabila memang di luar kemampuan, akan kami bahas melalui pleno KPU. Misalnya NPWP sudah selesai dibuat, namun belum bisa dikirimkan," ujarnya Kamis (27/9/2018).

Ia menjelaskan, penyerahan NPWP Caleg dan NPWP menjadi salah satu syarat yang harus dilampirkan dalam Laporan Awal Dana Kampanye.

Perbaikan laporan awal dana kampanye pun, diketahui memasuki hari terakhir hingga pukul 18.00 WIB sejak dibuka pada tanggal 23 September 2018.

Beberapa parpol yang melakukan perbaikan secara umum meliputi kelengkapan dalam melaporkan laporan awal dana kampanye. Mulai dari cara pelaporan yang salah sampai NPWP Parpol dan NPWP Caleg yang belum lengkap.

"Rata-rata administrasinya yang belum lengkap. Berbeda dengan pemilihan umum pada periode sebelumnya yang menggunakan sistem manual, pada pemilihan umum periode sekarang menggunakan aplikasi. Dari kami penyelenggara tak ada niat mempersulit. Hanya saja, wajib dalam menyelenggarakan aturan yang ada," bebernya.

Baca: 82190 Wisatawan Kunjungi Bintan, Dua Negara Ini yang Dominasi    

Baca: Timnas U16 Indonesia Selamatkan Muka ASEAN, Lolos Perempat Final AFC U16

Baca: Kerugian Capai Rp 15 Miliar, Inilah Dua Tersangka Korupsi Pembangunan Pelabuhan Dompak

Pihaknya pun belum bisa memutuskan ketika disinggung partai politik mana di Anambas yang memiliki laporan dana kampanye terbesar.

Menurutnya, hal itu akan terlihat dalam laporan akhir nanti. Jufri pun menegaskan, parpol juga diwajibkan untuk membuat rekening khusus untuk dana kampanye.

Dalam rekening itu, nantinya akan menampung dana mulai dari sumbangan parpol, caleg termasuk sumbangan peroorangan di luar caleg.

"Dari KPU melihat bukan dari jumlahnya. Tetapi rekening khusus untuk dana kampanye. Ini semua wajib dilaporkan akan diadit oleh kantor akuntan publik, tepatnya satu hari sebelum berakhirnya masa kampanye," ungkapnya.

Dari data yang dihimpun KPU Anambas, terdapat sebelas partai politik peserta Pemilu yang memiliki caleg di Anamba yang menyerahkan laporan awal dana kampanye.

Setelah memasuki masa perbaikan ini, tercatat baru satu partai politik yang menyerahkan dokumen perbaikan yakni Partai Perindo pada Rabu (26/9/2018) kemarin.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved