Kisah Anthonius, Saat Gempa Donggala Bantu Pesawat Take Off, Meninggal Setelah Lompat dari Lantai 4

Kisah kepahlawanan saat gempa Donggala Sulteng muncul tepat saat gempa mengguncang

Kisah Anthonius, Saat Gempa Donggala Bantu Pesawat Take Off, Meninggal Setelah Lompat dari Lantai 4
Anthonius Gunawan Agung tetap bertahan di tower yang sudah bergoyang akibat gempa Donggala demi memastikan pesawat lepas landas dengan selamat. 

TRIBUNBATAM.id - Kisah kepahlawanan saat gempa Donggala Sulteng muncul tepat saat gempa mengguncang.

Adalah Anthonius Gunawan Agung, Air Traffic Controller (ATC) harus mengorbankan nyawanya karena memilih tetap berada di Tower ATC Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, meski tower sudah berguncang hebat.

Anthonius diketahui ingin memastikan pesawat Batik Air yang sedang dipandunya untuk lepas landas benar-benar telah terbang dengan aman.

Hal ini disampaikan oleh Yohanes Sirait, Manager Humas AirNav Indonesia yang menyatakan bahwa salah satu personel layanan navigasi penerbangan cabang Palu, yaitu Anthonius Gunawan Agung, Air Traffic Controller (ATC), tewas saat terjadi gempa.

Yohanes menjelaskan, Anthonius merupakan ATC on duty pada Tower ATC Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, pada saat terjadi guncangan gempa dengan skala 7,7 SR yang berpusat di Kabupaten Donggala pada Jum’at (28/09).

"Saat gempa terjadi, beliau telah memberikan clearing kepada penerbangan Batik Air untuk lepas landas dan menunggu pesawat tersebut airbrone dengan selamat sebelum akhirnya meninggalkan cabin tower ATC," ujarnya.

"Duka yang begitu mendalam kami rasakan, semoga tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa diberikan kepada salah satu keluarga kami dan korban-korban lain akibat gempa di Kabupaten Donggala," katanya.

Saat gempa menguncang Anthonius Gunawan Agung tak buru-buru menyelamatkan diri.

Ia memilih menuntaskan pekerjaannya terlebih dahulu membantu pesawat take off dari bandara.

Setelah pekerjaannya tuntas, Athonius Gunawan Agung pun langsung angkat kaki dari menara pengatur lalu lintas udara.

Halaman
1234
Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved