LIGA 1

Di Tengah Masa Sanksi Komdis PSSI, Persib Bandung Terancam Didiskualifikasi dari Liga 1

Persib Bandung berada di bawah bayang-bayang hukuman lebih berat seusai dijatuhi sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Di Tengah Masa Sanksi Komdis PSSI, Persib Bandung Terancam Didiskualifikasi dari Liga 1
FERNANDO RANDY/TABLOID BOLA
Para pemain Persib dan Persija berkumpul di tengah lapangan pada laga Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (23/9/2018). 

TRIBUNBATAM.id - Persib Bandung berada di bawah bayang-bayang hukuman lebih berat seusai dijatuhi sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Pasalnya, mereka terancam didiskualifikasi dari kompetisi Liga 1 musim 2018.

Sanksi Komdis PSSI untuk Persib Bandung tersebut dilampirkan dalam surat PSSI nomor 133/L1/SK/KD-PSSI/X/2018, tertanggal 1 Oktober 2018, tentang tingkah laku buruk suporter.

Sejumlah pelanggaran yang dimaksud yakni, suporter Persib melakukan intimidasi kepada ofisial Persija pada saat MCM (pertemuan teknis), melakukan sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas sebelum laga.

Baca: Ratna Sarumpaet Dianiaya, Polisi: Sebaiknya Segera Melapor. Pihak Bandara Bilang Begini

Komdis juga menilai, panitia penyelenggara (panpel) pertandingan gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap suporter yang datang menonton.

Terkait dengan pelanggaran ini, Komdis PSSI memutuskan memberikan hukuman kepada tim beralias Maung Bandung itu berupa sanksi pertandingan kandang di luar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018.

Selain itu, Maung Bandung juga dihukum menggelar pertandingan kandang tanpa penonton di Bandung sampai paruh musim kompetisi tahun 2019.

"Merujuk kepada Pasal 3 (l) jo. Pasal 18 Kode Disiplin PSSI, Penonton/Suporter Persib Bandung dihukum berupa larangan memasuki stadion pada pertandingan home maupun away Persib Bandung serta pertandingan Liga 1 lainnya sejak ditetapkannya putusan ini sampai pada setengah musim kompetisi tahun 2019," bunyi surat bertandatangan Asep Edwin Firadus selaku ketua Komdis.

Baca: UPDATE Bencana Gempa Sulteng - BNPB Sebut Jumlah Korban Tewas Hingga Selasa Siang 1.234 Orang

Terlampir dalam surat tersebut, Komdis bakal memberikan hukuman lebih berat, termasuk ancaman diskualifikasi dari kompetisi apabila pengulangan pelanggaran terjadi saat masa hukuman berjalan.

Namun demikian, merujuk pada Pasal 119 Kode Disiplin PSSI, pihak Persib Bandung tetap memiliki hak untuk mengajukan banding.

Pertemuan Persib Bandung kontra Persija Jakarta di pentas Liga 1 musim 2018 turut diwarnai dengan insiden mengenaskan.

Pertandingan ini sekaligus menjadi pengalaman terakhir bagi Haringga Sirla, seorang anggota The Jak Mania Korwil Cengkareng, yang mengalami nasib nahas saat ingin menyaksikan tim kebanggaannya berlaga.

Baca: SANKSI PERSIB - Manajemen Persib Bandung Keluarkan 4 Poin Keberatan

Harlingga Sirla harus meregang nyawa seusai dikeroyok puluhan oknum suporter Persib Bandung, beberapa jam sebelum laga dimulai.

Pemuda berusia 23 tahun ini mengalami nasib nahas setelah terkena sweeping dan ketahuan bahwa ia adalah salah satu pendukung Macan Kemayoran.

Gerbang Biru area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018), menjadi saksi bisu di mana Haringga Sirla dianiaya oleh puluhan orang yang menggunakan atribut pendukung Persib.

Setelah kejadian, video pengeroyokan tersebut tersebar luas di dunia maya. Tak hanya bogem mentah, pemuda asal Cengkareng, Jawa Barat, ini juga dipukuli menggunakan balok kayu, helm, hingga batu.(*)

Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved