BINTAN TERKINI

Asrama Mahasiswa Bintan di Yogyakarta Belum Dibayar. Ini Penyebabnya

Bantuan belanja sewa asrama atau pemondokan mahasiswa di luar daerah Bintan saat ini memang tengah terkendala

Asrama Mahasiswa Bintan di Yogyakarta Belum Dibayar. Ini Penyebabnya
THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDI
Ilustrasi 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN– Molornya pembayaran biaya sewa asrama mahasiswa Bintan di Yogyakarta tengah jadi sorotan. Pemkab Bintan sampai saat ini rupanya belum membayar sama sekali biaya sewa asrama tersebut.

Mahasiswa di sana mulai resah. Bila sampai bulan depan sewa asrama belum lunas, mau tak mau mereka dikeluarkan dan harus minggat mencari tempat lain.

Kepala Badan Pengelolaan Kekayaan Aset Daerah (BPKAD) Bintan Moch Setioso dikonfirmasi mengenai hal itu membenarkan. Masalah itu yang juga tengah menjadi perhatian pihaknya.

“Bantuan belanja sewa asrama atau pemondokan mahasiswa di luar daerah Bintan saat ini memang tengah terkendala. Ini yang juga sampai sekarang jadi perhatian kami,” ujar Setioso, Kamis (4/10/2018).

Baca: Apri Sujadi Bangga Bintan Punya Stadion Sepakbola Bertaraf Nasional

Baca: Keliling Sabang sampai Marauke, Tiga Anggota Pramuka Disabilitas Doakan Bupati Bintan

Baca: Bintan Belum Bebas Penyakit Flu Burung. Ini Imbauan Kepala Dinas kepada Peternak

Lantas, apa sebenarnya kendala Pemkab Bintan sampai belum membayar biaya asrama tersebut? Apakaha persoalan dana?

Setioso tegas menyatakan, persoalan asrama bukan pada ketersediaan dana. Tapi ada pada payung hukum atau aturan resmi yang mengatur kewenangan pembayaran. Dasar aturan resminya tidak memberikan kewenangan Pemda di kabupaten yang bertanggungjawab.

Aturan itu tertuang dalam Permendagri Nomor 32 Tahun 2011. Aturan yang mengatur tentang dana bansos dan hibah tersebut membuat Pemda harus mencari solusi lain.

"Kita sudah konsultasi dengan BPK dan Inspektorat bahwa dana hibah sewa asrama atau pemodokan mahasiswa di luar daerah, Pemda Kabupaten Bintan rupanya tidak memiliki kewenangan terhadap hal itu. Kewenangannya hal itu ada di Pemrov Kepri,” kata Setioso.

Tapi mahasiswa asal Bintan yang saat ini mondok di asrama tersebut diminta bersabar. Pemda Bintan juga tengah mencari jalan keluarnya.

“Mereka kan mahasiswa kita juga. Saat ini, kita sedang mencari formulasi yang tepat agar pengeluaran keuangan daerah tidak melanggar aturan yang ada," kata setosiso.

Masalah ini sudah dibicarakan dengan kalangan legslatif di DPRD Bintan. Intnya, bagaimana pembayaran sewa tetap dilakukan oleh Pemkab Bintan namun tidak menyalahi aturan. (min)

Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved