PEMILU 2019

Maksimalkan Penggunaan Hak Pilih saat Pemilu 2019, KPU Batam Lakukan Hal Ini

KPU Batam terus berupaya agar para pemilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik saat Pemilu 2019 mendatang.

Maksimalkan Penggunaan Hak Pilih saat Pemilu 2019, KPU Batam Lakukan Hal Ini
TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA
Komisioner KPU Batam, Divisi Teknis Zaki Setiawan 

TRIBUNBATAM.id,BATAM - Komisi Pem

Baca: INFO CPNS 2018 - Sejumlah Instansi Sepi Peminat, Pelamar di sscn.bkn.go.id Bisa Ubah Pilihan Formasi

ilihan Umum (KPU) Kota Batam mengajak semua pihak terkait untuk ikut aktif dalam meningkatkan kualitas data pemilih di Kota Batam.

Sesuai dengan hasil rapat KPU Kota Batam, Selasa (2/10/2018) siang kemarin, segenap jajaran pihak yang terkait maupun stakeholder sepakat untuk mendeklarasikan Forum Mutarlih (Pemutakhiran Daftar Pemilih) di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Batam.

Komisioner Divisi Teknis KPU Batam, Zaki Setiawan menuturkan, bahwa forum tersebut juga diikuti oleh seluruh instansi terkait yang memiliki peranan penting dalam kesuksesan pesta demokrasi tahun 2019 nanti.

"Jadi pada forum kemarin kami mengundang perwakilan dari parpol peserta Pemilu, Bawaslu Batam, dan stakeholder terkait yakni Kodim 0316, Disdukcapil, Dinas Pendidikan, Lapas, dan lainnya,"terang Zaki, Kamis (4/10/2018).

Baca: Ombudsman Kepri : Pejabat Dilarang Pakai Fasilitas Pemerintah Untuk Kepentingan Politik

Baca: BERITA PERSIB - Sempat Menolak, Pelatih Mario Gomez Akhirnya Lepas Dua Pemain Persib ke Timnas

Baca: Begitu Lulus Bisa Langsung Kerja di Perusahaan Design

Inti dari deklarasi ini merupakan kesiapan semua pihak untuk ikut aktif dalam meningkatkan kualitas data pemilih di Batam.

"Hal ini dalam rangka melindungi hak konstitusional warga untuk bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019 nanti," tuturnya.

Zaki juga menyampaikan, bahwa pada pertemuan itu KPU juga melakukan koordinasi pencermatan data ganda terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Batam disaat waktu yang bersamaan setelah kesepakatan deklarasi Mutarlih ini selesai.

"Pencermatan data ganda ini juga merupakan bagian dari upaya KPU untuk melakukan penyempurnaan DPTHP-1,"terangnya.

Dia juga menambahkan, proses pencermatan akan dilakukan secara berjenjang, baik oleh Panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan di tingkat KPU Batam.

"Jadi dalam pencermatan di tingkat PPK tersebut juga akan melibatkan parpol dan panwascam untuk bersama-sama membersihkan data-data ganda,"jelasnya. (*)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved