BATAM TERKINI

Coki Minta Daerah Lain Belajar ke Batam Terkait Penerapan Tapping Box, Batam Jadi Pilot Project

Batam akan menjadi pilot project optimalisasi pajak daerah melalui tapping box.

Coki Minta Daerah Lain Belajar ke Batam Terkait Penerapan Tapping Box, Batam Jadi  Pilot Project
TRIBUNBATAM/ARGIANTO
Ketua Satgas Koordinasi dan Supervisi Daerah Sumatera I KPK RI, Aldiansyah Malik Nasution, saat menjadi pembicara dalam kegiatan optimalisasi pajak daerah melalui sistem online, Kamis (4/10/2018) sore di lantai IV Gedung Wali Kota Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Batam akan menjadi pilot project optimalisasi pajak daerah melalui tapping box. Hal ini ditegaskan Ketua Satgas Koordinasi dan Supervisi Daerah Sumatera I Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Aldiansyah Malik Nasution saat datang ke Batam.

"Kita akan coba Batam jadi pilot project," kata Coki, sapaannya, Kamis (4/10/2018).

Ia akan meminta daerah lain, belajar ke Batam. Sehingga metode serupa dengan tapping box, bisa meluas dan diterapkan di daerah masing-masing.

"Kita minta Bengkulu, Lampung, dan lainnya belajar ke Batam. Ya, kita ingin nasional belajar ke Batam," ujarnya.

Coki melanjutkan, dalam penerapan tapping box untuk optimalisasi pajak daerah, memang perlu melibatkan bank daerah. Itu untuk pengadaan alatnya.

"Kalau pengadaannya ikut mekanisme APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara), bukan sesuatu yang mudah. Makanya bank daerah perlu bantu," kata Coki.

Untuk Batam sendiri, Coki mendorong pemasangan alat tapping box bisa dilakukan secara maksimal kepada wajib pajak yang juga menjadi wajib pungut. Dari 13 objek pajak daerah, akan didahulukan untuk empat objek pajak, yakni restoran, hotel, tempat hiburan dan parkir.

"Empat ini yang kita dahulukan karena paling banyak. Jumlahnya sampai 1.500. Seribu saja terpasang, bisa heboh itu," ujarnya.

Baca: KPK Beri Pengarahan Optimalisasi Pajak Daerah ke Wajib Pajak, Dorong Pengusaha Gunakan Tapping Box

Baca: Bidik Pendapatan Pajak Rp 970,9 Miliar, Pemko Siap Pasang 150 Unit Tapping Box

Baca: Tapping Box Tak Maksimal Genjot PAD, Dewan Usulkan Gunakan Sistem Online

Namun hingga akhir 2018, ia berharap bisa terpasang 500 tapping box untuk Batam. Coki melanjutkan, pemasangan alat tapping box itu untuk mencegah tak ada potensi kehilangan pajak. Pada akhirnya nanti pajak-pajak yang terkumpul itu akan digunakan untuk pembangunan di daerah.

"Kalau tak ada PAD, tak bisa bangun daerah ini," kata Coki.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari mengaku siap mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan PAD melalui sistem online. Pihaknya sanggup menyiapkan alat berapapun kebutuhan di Batam.

"Jangankan 500, 1.500 juga kita sanggup. Kita sikat semua," tuturnya. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved