BATAM TERKINI

Mau Urus SIM, Lengkapi Dulu Persyaratan dan Dokumen. Ini Penjelasan Kasat Lantas Polresta Barelang

Kalau untuk pengurusan SIM baru mempunyai KTP el (kartu tanda penduduk elektronik) asli, foto copy KTP el, dan surat kesehatan asli," katanya

Mau Urus SIM, Lengkapi Dulu Persyaratan dan Dokumen. Ini Penjelasan Kasat Lantas Polresta Barelang
TRIBUNBATAM/ENDRA KAPUTRA
Kasat Lantas Polresta Barelang Kompoll Putu Bayu Pati 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Bagi warga yang hendak membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Berikut penjelasan Satlantas Polresta Barelang Batam, Kompol l Putu Bayu Pati.

Putu mengatakan, bagi warga yang ingin melakukan pengurusan SIM ada beberapa syarat yang sudah menjadi aturan yang wajib untuk di patuhi.

"Kalau untuk pengurusan SIM baru mempunyai KTP el (kartu tanda penduduk elektronik) asli, foto copy KTP el, dan surat kesehatan asli," katanya, Selasa (10/10/2018).

Sambung Putu, setelah itu warga mengisi formulir, melakukan pembayaran PNPB SIM di loket BRI yang telah disediakan, mengambil nomor antrian (antrian Fifo).

"Setelah itu melakukan foto dan sidik jari. Terahkir adalah mengikuti ujian teori dan praktek yang menyatakan lulus apa tidaknya," sebutnya.

Baca: Ingin Buat Baru Atau Perpanjangan? Berikut Cara dan Syarat Membuat SIM di Polresta Barelang Batam

Baca: Ingin Buat Baru Atau Perpanjangan? Berikut Cara dan Syarat Membuat SIM di Polresta Barelang Batam

Baca: SIM Online Hanya Untuk Perpanjangan, Bukan Untuk Buat SIM Baru

Selain itu, bagi warga yang akan perpanjangan SIM melengkapi KTP el asli, foto copy KTP, surat kesehatan asli, dan pastinya membawa SIM ssli. Namun, khusus SIM A umum, BI, BI umum, BII, dan BII umum.

Untuk warga yang melakukan peningkatan atau ahli golongan menyertai persyaratan KTP el asli, foto copy KTP el, surat kesehatan asli, SIM asli, dan sertifikat klinik pengemudi, serta foto 3 x 4 merah 2 lembar.

"Nah bagi warga yang mengurus SIM hilang atau duplikat syaratnya, KTP asli, foto copy KTP, surat kesehatan asli, menyertakan sertifikat pengemudi khusus SIM A umum, BI, BI umum, BII, dan BII umum," ujarnya.

Disampaikanya, bila ada warga yang mengurus SIM dan perpanjangan SIM namun bukan warga Batam bisa menyertakan surat domisili.

"Bisa juga pakai KTP el saja. Tapi harus melihat dulu daerah mana yang sudah menggunakan sistem online. Kalau di Polresta sudah online. Ingat kalau perpanjang SIM. Harus masih berlaku, kalau sudah tidak berlaku harus ulang buat awal. Itu aturannya," sebutnya. (dra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help