ANAMBAS TERKINI

Tidak Hadir Rapat Koordinasi DPTHP-1, Bawaslu Anambas Jadi Sorotan Pengurus Parpol

"Apalagi nanti ada deklarasi. Ibaratnya KPU dan Bawaslu ini kan seperti anak kembar. Apalagi tahun ini adalah tahun pemilu

Tidak Hadir Rapat Koordinasi DPTHP-1, Bawaslu Anambas Jadi Sorotan Pengurus Parpol
TRIBUNBATAM/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Rapat koordinasi penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-1) di salahsatu aula restoran yang ada di Tarempa Rabu (10/10/2018) 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-‎Kehadiran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas mendadak jadi perhatian dalam Rapat koordinasi penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-1) yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kepulauan Anambas.

Wahyudi mewakili DPC Partai Hanura di Anambas mengatakan, kehadiran Bawaslu dalam berbagai tahapan termasuk rapat koordinasi mengenai DPT hasil perbaikan ini menjadi poin penting, terlebih dalam mekanisme yang ada Bawaslu memiliki peranan penting di situ.

"Apalagi nanti ada deklarasi. Ibaratnya KPU dan Bawaslu ini kan seperti anak kembar. Apalagi tahun ini adalah tahun perdana Pileg dan Pilpres," ujarnya, Rabu (10/10/2018).

Dia meminta agar hal ini jangan sampai dibiarkan berlarut-larut. ‎Peranan Bawaslu pun dinilai penting, terlebih dalam masa kampanye yang saat ini sedang berjalan mulai dari 23 September 2018 sampai 13 April 2019 mendatang.

"Terlepas dari apa pun itu, apakah persoalan internal. Kalau bisa ini jangan dibiarkan berlarut-larut," ungkapnya.

Baca: Koordinator Sekretariat Bawaslu Anambas Diberhentikan, Agus Malah Tahu dari Grup WA

Baca: Selain Politik Uang, Bawaslu Anambas Waspadai Kotak Suara Hilang. Begini Alasannya

Baca: Baliho Tidak Boleh Ada Embel-embel Parpol. Ini Kata Bawaslu Terkait Pencitraan Bacaleg

Ketidakhadiran perwakilan Bawaslu dalam rapat koordinasi DPTHP-1 itu pun, ditanggapi oleh Jufri Budi Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ia pun tidak ingin mencampuri lebih jauh mengenai urusan yang ada di Bawaslu Anambas. Ia kemudian menyampaikan kalau undangan mengenai rapat koordinasi ‎mengenai DPTHP-1 ini sudah disampaikan kepada Bawaslu.

"Permasalahannya kita tidak tahu. Namun dari informsi yang kami terima, dua komisoner sedang mengikuti bimtek di MK dan satu komisioner sedang berada di Provinsi Kepri. Untuk deklarasi nanti, mereka mengkonfirmasi ada perwakilan dari Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas," ujarnya.

Ketidakhadiran perwakilan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas dalam agenda yang terbilang penting berkenaan dengan kampanye bukan kali ini saja terjadi.

Dalam deklarasi damai yang diselenggarakan oleh Polres Anambas di lapangan Sulaiman Abdullah Rabu (18/9/2018) kemarin, ‎tidak ada perwakilan dari Bawaslu yang hadir dalam deklarsi yang diikuti oleh perwakilan parpol peserta pemilu, sejumlah tokoh pemuda dan Lembaga Adat Melayu itu.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved