Fery Tabrakan

Fery VOC Batavia Tiba di Pelabuhan Sri Bintan, Petugas Langsung Evakuasi. Begini Kesaksian Penumpang

"Ya kita sempat panik dan kaget tiba-tiba kapal menabrak. Karena saat itu kita juga sedang tidur, tiba-tiba dengar suara keras.

Fery VOC Batavia Tiba di Pelabuhan Sri Bintan, Petugas Langsung Evakuasi. Begini Kesaksian Penumpang
TRIBUNBATAM/WAHIB WAFA
Petugas saat mengevakuasi penumpang fery VOC Batavisa saat tiba di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, setelah mengalami kecelakaan laut, Kamis (11/10/2018) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Sekitar pukul 17.00 WIB kapal VOC Batavia didampingi kapal Sevenstar menyandar di Pelabuhan Sri Bintan pura Tanjungpinang.

Sejumlah pengawalan oleh para petugas baik itu Basarnas Tanjungpinang, Polair Polres Tanjungpinang, KPLP dangan TNI AL membantu mengevakuasi para korban.

Nampak juga seorang korban yang mengalami luka berat, Ta,ali ditandu keluar dari kapal VOC Batavia. Petugas membantu mengangkat korban yang mengalami luka berat. Namun terlihat masih tetap sadar.

Kasat Polair Polres Tanjungpinang Iptu Syaiful Amri mengatakan berapa korban yang mengalami luka dibawa ke rumah sakit Pelabuhan. Sementara korban lainnya pulang ke tempat tujuan masing-masing.

"Apa penyebab dari kecelakaan ini nanti pihak KSOP yang melakukan pemeriksaan lebih lanjut," ungkap Iptu Syaiful Amri kasatpolair Polres Tanjungpinang dikonfirmasi TRIBUNBATAM.id, Kamis (11/10/2018) usai melakukan evakuasi.

Menurut Kasat Polair kondisi cuaca dalam kondisi buruk. Cuaca di tengah laut cuaca bisa saja tiba-tiba berubah seketika.

Pengakuan salah seo

Baca: Fery VOC Batavia Tabrak Kapal Tanker, Satu Penumpang Jatuh ke Laut. Berikut Kronologisnya

Baca: Tabrakan Fery VOC Batavia, Dua Penumpang Alami Luka. Ini Penjelasan Basarnas

Baca: Insiden Mv. VOC Batavia dan Kapal Tanker, Begini Kesaksian Penumpang

rang korban bernama Darwis, baha peristiwa itu sempat membuat para penumpang kaget dan histeris. Waktu itu para penumpang kebanyakan dalam kondisi tidur. Mengingat perjalanan jauh yang memakan waktu setengah hari.

"Ya kita sempat panik dan kaget tiba-tiba kapal menabrak. Karena saat itu kita juga sedang tidur, tiba-tiba dengar suara keras. Para penumpang sempat teriak-teriak histeris minta tolong dan menangis," kata Darwis.

Petugas saat itu langsung menenangkan para penumpang yang panik. Beberapa korban penumpang yang berada di dalam kapal nampak terbentur dan terkena pecahan kaca.

"Kita saat itu sudah pasrah namun melihat kondisi kapal tidak mengalami kebocoran jadi kita enggak tenang. Saat itu petugas terus menenangkan kita untuk jangan panik," kata penumpang tersebut.

Dari kejadian itu terdapat kelalaian dari petugas kapal. Dimana ada beberapa penumpang yang duduk berada di atas kapal. Menurut informasi dan keterangan para petugas yang melakukan evakuasi korban yang mengalami luka berat akibat panik setelah loncat dari atas kapal. Namun belum ada yang bisa dikonfirmasi pihaknya kapal terkait itu.

Terlihat dari dekat kerusakan kapal berada di lambung kiri kapal bagian depan. Pecahan kaca serta fiber badan kapal terlihat koyak. (wfa)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help