BATAM TERKINI

Hadirkan 66 Universitas Swasta, Siswa SMA Yos Sudarso Bisa Pilih Kampus Dalam Atau Luar Negeri

SMA Yos Sudarso Batam memfasilitasi anak-anak kelas XII memilih jurusan dan kampus swasta yang diinginkannya.

Hadirkan 66 Universitas Swasta, Siswa SMA Yos Sudarso Bisa Pilih Kampus Dalam Atau Luar Negeri
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Banyak siswa dan siswi kelas XII lulus SMA kadang bingung memilih jurusan kuliah yang akan diambilnya di perguruan tinggi.

Dalam kesempatan ini, SMA Yos Sudarso Batam memfasilitasi anak-anak kelas XII memilih jurusan dan kampus swasta yang diinginkannya.

SMA Yos Sudarso menyelenggarakan acara pameran pendidikan tahunan atau education fair yang sering disebut edu fair.

Pameran Universitas ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, H. Fatahurrahman dan Perwakilan Yayasan Tunas Karya, Siprianus Suryadireja.

Baca: Harga Sayuran di Batam Turun, Tapi Harga Sejumlah Bahan Makanan Ini Justru Naik

Baca: Trik Sederhana, Wanita Ini Dapat Menghemat Listrik Hingga Rp600 ribu per Bulan

Baca: Kasus Hilangnya Velg Jalan Ditempat, Begini Penjelasan Pihak Polisi

Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penerbangan ratusan balon.

"Kegiatan ini selalu kita adakan memfasilitasi anak-anak untuk bisa menemukan kampus baik dalam maupun luar negeri," ujar Ketua Panita Kegiatan, Duwiky Natalia, Kamis (11/10/2018) siang.

Duwiki melanjutkan dalam pameran ini terdapat 66 universitas swasta.

Di antaranya 32 universitas dari dalam negeri, dan 34 universitas dari luar negeri. Kalau dalam negeri rata-rata perwakilan kampus yang langsung berjaga distandnya masing-masing.

Namun kalau kampus luar negeri hanya ada 1 yang diwakili agen di Batam.

"Penawaran yang pada umumnya diberikan oleh universitas misalnya tes beasiswa, psikotes gratis, tes masuk jadi tak perlu ke kotanya mereka. Jadi bisa di Yos Sudarso saja," katanya.

Sementara itu teknis memperkenalkan setiap universitas dan jurusan yang ada didalamnya dengan cara mempresentasikan di beberapa kelas, atau bisa langsung datang ke stand yang telah disediakan.

Menariknya lagi acara ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Sejak Kamis (11/10/2018) hingga Sabtu (13/10/2018) mendatang.

"Kalau presentasi perwakilan kampus itu ketemu langsung dengan anak-anak. Misalnya jurusan hukum berkumpul di satu kelas, pariwisata satu kelas dan seterusnya. Semua kampus yang ada jurusan hukum dan pariwisata berkumpul diruangan itu. Nah kalau Kamis dan Jumat sesi presentasinya, kalau Sabtu full bisa langsung datang ke pameran," ujar Dwiky.

Ia mengakui acara ini memang diprioritaskan untuk kelas XII. Namun tidak menutup kemungkinan juga Kelas X dan XI harus prepare. Sehingga sewaktu kelas XII bisa memilih jurusan yang sesuai dengan keinginannya.

"Semoga dengan acara ini anak-anak kami terfasilitasi, orangtua terbantu dari kampus-kampus juga mendapatkan siswa siswi yang terbaik dari sekolahan kami. Silaturahminya juga terjalin. Harapan terpenting anak-anak bisa mendapat masa depan yang baik," tuturnya. (*)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved