Kena Sanksi PSSI, Arema FC Tak Banding. Ini Kerugiannya

Sanksi berupa larangan menggelar pertandingan tanpa penonton pada laga home dan tak mendapat dukungan dari suporter sampai akhir

Kena Sanksi PSSI, Arema FC Tak Banding. Ini Kerugiannya
Surya Malang
Penonton ricuh usai pertandingan Arema melawan Persebaya Surabaya di stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (6/10/2018). Kericuhan dimulai pada menit ke-15, ketika terjadi insiden yang melibatkan oknum penonton melakukan pengeroyokan. 

TRIBUNBATAM.id - Sanksi berupa larangan menggelar pertandingan tanpa penonton pada laga home dan tak mendapat dukungan dari suporter sampai akhir musim kompetisi 2018, membuat Arema FC merugi.

Disampaikan CEO Arema FC, Iwan Budianto, sanksi yang diberikan Komdis PSSI pada Arema FC membuat tim kehilangan 'support' dari aremania.

Tak hanya itu, secara finansial dipastikan roda perekonomian klub juga akan melemah lantaran selama ini suporter dan penonton menjadi salah satu pemasukan tim setiap menggelar laga.

Baca: Dua Pentolan Suporter Arema FC Dilarang Masuk Stadion Manapun di Indonesia Seumur Hidup

 
Untuk itu, Iwan Budianto menilai jika sanksi yang diterima Arema FC ini dirasa sangat berat bagi timnya.

"Tidak hanya bagi klub yang kehilangan dukungan dari aremania disaat posisi Arema FC diklasemen masih berada pada posisi yang mengkhawatirkan. Klub juga kehilangan pendapatan," kata Iwan Budianto, Kamis (11/10/2018).

"Tentu ini akan berpengaruh terhadap operasional kelangsungan hidupnya. Tidak hanya pemain dan official, tapi nasib karyawan juga akan terdampak," sambungnya.

Baca: Fery VOC Batavia Tabrak Kapal Tanker, Satu Penumpang Jatuh ke Laut. Berikut Kronologisnya

Selain berdampak pada pemasukan klub, sanksi ini juga akan berimbas pada pelaku usaha kecil seperti asongan dan pedagang kaki lima (PKL) yang mendapat rejeki saat pertandingan.

Sehingga efeknya pada sisi kontribusi penerimaan pajak daerah akan terhambat.

Tak berhenti disitu, dampak lain tentu menjadi keresahan warga Malang Raya, di mana Arema FC yang selama ini menjadi salah satu hiburan yang banyak diminati masyarakat.

Bahkan, juga menjadi image bersama yang dimanfaatkan sebagai brand usaha kecil masyarakat juga akan terpengaruh karena ini.

"Dengan sanksi ini akan sangat berpengaruh terhadap aktifitas dan pendapatan mereka. Bahkan Arema FC harus menegoisasi ulang kerjasama sponsorship dengan pihak sponsor yang selama ini sudah terjalin," terangnya.

Seperti diketahui, sanksi ini didapat Arema FC setelah aremania melakukan beberapa pelanggaran saat Arema FC menjamu Persebaya Surabaya, Sabtu (6/10/2018) lalu.(*)

Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help