BINTAN TERKINI

Ternyata Kepri Pernah Dilanda Tsunami. Berikut Penjelasan BMKG Tanjungpinang

Kejadian tsunami waktu itu datang dari arah Timur Laut, merembes ke laut Cina Selatan

Ternyata Kepri Pernah Dilanda Tsunami. Berikut Penjelasan BMKG Tanjungpinang
www.scrivial.com
Ilustrasi Tsunami 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Tanpa kita sadari, tsunami ternyata pernah terjadi Kepri. Diperkirakan terjadi pada Maret 2011 lalu.

Tsunami tersebut merupakan pengaruh dari gempa bumi Jepang berkekuatan  9 skala richter yang mengguncang kawasan Tohuku, wilayah di negera sakura waktu itu.

"Itu pernah. BMKG juga menginformasikan daerah di mana saja," kata Kepala BMKG Stasiun Meterologi Tanjungpinang melalui Prakirawan Ardhito, Kamis (12/10/2018).

Waktu itu terjadi, masyarakat kala itu banyak yang tidak menyadari kalau di laut sebetulnya sedang tsunami. Kemungkinan karena tenaga tsunami yang terjadi kala itu kecil sehingga tidak begitu terasa.

Harus dipahami memang tsunami tidak melulu bersifat dasyat sampai masuk ke tengah permukiman dan merusak sejumlah bangunan.

Dalam konteks Kepri waktu gempa bumi di Jepang 2011, kejadian tsunami tersebut terbilang dangkal sehingga nyaris tidak terasa sama sekali. Kondisi air laut juga seperti biasanya, bergelombang.

"Tsunami memang tidak selamanya besar dan tidak selamanya juga harus diawali dengan kondisi laut surut," kata Ardhito.

Baca: Fery VOC Batavia Tiba di Pelabuhan Sri Bintan, Petugas Langsung Evakuasi. Begini Kesaksian Penumpang

Baca: Sejumlah Guru di Tanjungpinang Diperiksa Jaksa, Kajari Tidak Enggan Sebutkan Kasus 

Baca: Dilantik Jadi Ketua PPLIPI Bintan, Deby Maryanti Minta Anggota Kompak dan Saling Kerjasama 

Kejadian tsunami waktu itu datang dari arah Timur Laut, merembes ke laut Cina Selatan dan tiba di perairan Kepri dalam skala rendah. 

Tanjungpinang sendiri terbilang tidak terpengaruh signifikan karena terlindungi oleh Pulau Bintan. Wilayah Kepri ada di wilayah gugusan pulau secara geogfaris terlihat saling melindungi dari pengaruh tsunami.

Terkait gempa dan tsunami yang belakangan ini dilaporkan terjadi di daerah lain, BMKG Tanjungpinang menyatakan, kepri terbilang wilayah yang masih aman dari potensi gempa bumi dan tsunami.

Halaman
12
Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help