Pilot Air India Nekat Terbangkan Pesawat Rusak Setelah Tabrak Dinding Bandara

Pesawat itu menabrak dinding perimeter bandara saat lepas landas dan tetap melanjutkan penerbangan selama hampir empat jam.

Pilot Air India Nekat Terbangkan Pesawat Rusak Setelah Tabrak Dinding Bandara
Twitter
Kondisi pesawat Air India yang rusak di bagian lambung dan dinding parimeter bandara yang hancur. 

TRIBUNBATAM.id, NEW DELHI - Pilot pesawat Air India Express ini benar-benar nekat.

Meskipun pesawat yang diemudikannya rusak setelah menabrak dinding di bandara, namun mereka masih menerbangkan pesawat tersebut, membawa 136 penumpang dan awak pesawat. 

Akibatnya, maskapai perusahaan yang berbasis di New Delhi itu meng-grounding dua pilotnya tersebut, Jumat (12/10/2018).

Seperti dilansir Kantor Berita AFP, pesawat itu menabrak dinding perimeter bandara saat lepas landas dan tetap melanjutkan penerbangan selama hampir empat jam.

Boeing 737-800 tersebut dilaporkan menderita kerusakan yang cukup parah di bagian lambungnya setelah meninggalkan Bandara Trichy di India selatan menuju Dubai.

Para pejabat di bandara di negara bagian Tamil Nadu melihat pesawat tersebut bersentuhan dinding perimeter bandara.

"Masalahnya, ketika otoritas bandara menyampaikan hal itu kepada pilot, kapten pilot dalam melaporkan bahwa sistem pesawat mereka beroperasi secara normal," katanya.

Namun, otoritas bandara kemudian memaksa pesawat tujuan Dubai itu untuk mengalihkan pesawat ke Mumbai sebagai tindakan pencegahan.

Pesawat jet itu mendarat di Mumbai empat jam kemudian dan gambar-gambar pesawat yang rusak itu beredar di media sosial, segera setelah mendarat dengan selamat.

130 penumpang kemudian dipindahkan ke pesawat lainnya untuk meneruskan penerbangan ke Dubai.

Air India mengatakan, dua pilot itu dilarang terbang dan maskapai itu akan melakukan penyelidikan dan insiden itu telah dilaporkan ke Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil India untuk penyelidikan.

"Maskapai ini sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan," tambahnya.

Menteri penerbangan sipil India, Suresh Prabhu mengatakan, pemerintah telah memberi peringatan kepada Air India untuk memperhatikan keselamatan penumpang mereka.

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help