KARIMUN TERKINI

Penampilan Warga Pongkar Pukau Pejabat BPJS Ketenagakerja. Supriyatno : Salut Sama Pak Kades

“Untuk itu kami akan coba mengekspresikan pemahaman kami di atas panggung. Sengaja kami tak kasih info sama Bapak dan Ibu

Penampilan Warga Pongkar Pukau Pejabat BPJS Ketenagakerja. Supriyatno : Salut Sama Pak Kades
TRIBUNBATAM
Penampilan warga Desa Pongkar, setelah diresmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial ketenagakerjaan oleh Bupati Karimun 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN-Selepas diresmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial ketenagakerjaan oleh Bupati Karimun, Desa Pongkar Kecamatan Tebing menggelar syukuran bersama di Pantai Ketam Desa Pongkar.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi Direktur wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbariau, Supriyatno, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tanjungbalai Karimun, Rudyanto Panjaitan, Asisten 1 Bidang pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Karimun Muhammad Tang, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Karimun Hazmi Yuliansyah, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Karimun H Suwedi.

Kepala Desa Pongkar, Zahir mengatakan masyarakatnya sudah mengerti akan esensi desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan. Yakni bukan hanya sekedar terdaftar tetapi juga memahami dan menyadari pentingnya manfaat setiap program BPJS Ketenagakerjaan bagi setiap profesi yang dimiliki oleh segenap penduduk desa termasuk yang sifatnya informal.

Baca: Suami Meninggal Dunia, Istri Pedagang Ini Dapat Warisan dari Program BPJS Ketenagakerjaan

Baca: Bertepatan HUT Karimun, Bupati Resmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Baca: Meninggal karena Bunuh Diri, Ahli Waris Yudhi Tetap Terima Klaim BPJS Ketenagakerjaan

“Untuk itu kami akan coba mengekspresikan pemahaman kami di atas panggung. Sengaja kami tak kasih info sama Bapak dan Ibu dari BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya, biar surprise,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut masyarakat Desa Pongkar yang tergabung dari ibu-ibu PKK, posyandu, kelompok nelayan, mahasiswa magang dan lainnya menampilkan koreografi lagu BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak itu saja, mereka juga melantunkan, yel-yel lagu BPJS Ketenagakerjaan, dan drama kreasi sendiri yang bercerita tentang manfaat BPJS ketenagakerjaan dan cara menjadi peserta bagi masyarakat desa.

Mereka mengaku belajar sendiri dari mengingat materi sosialisasi yang kerap disampaikan oleh Petugas BPJS Ketenagakerjaan dan menambah referensi dari internet.

“Termasuk lagu BPJS Ketenagakerjaan kita cari di youtube," kata Zahir.

Sementara Asisten Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbariau, Supriyatno mengaku kaget sekaligus terharu menyaksikan penampilan dari segenap masyarakat pongkar.

Baca: Asian Games Telah Usai, BPJS Ketenagakerjaan Tetap Biayai Pengobatan Atlet Hevrilia Hingga Sembuh

Baca: BPJS Ketenagakerjaan Beri Penghargaan Platinum, Salah Satunya Caterpillar Indonesia Batam

Baca: Caterpillar Indonesia Batam dan 2 Perusahaan Raih Penghargaan Platinum BPJS Ketenagakerjaan

Dirinya tak menyangka bahwa masyarakat pongkar sangat kreatif dalam mengekspresikan pemahamannya tentang BPJS Ketenagakerjaan.

“Jujur saya dan teman-teman kaget, terharu sekaligus bangga. Penampilan tadi sangat inspirastif dan edukatif. Kalau ada award terkait penampilan seni untuk eksternal, penampilan tadi pasti juara. Salut sama Pak Kades kita,” kata sembari tersenyum.

Dia mengatakan, dengan adanya Desa Pongkar dan Desa Tulang sebagai desa Sadar jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini, semoga bisa menjadi pionir untuk diikuti oleh desa yang lain.

Dengan demikian bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat mengurangi potensi kemiskinan yang bisa timbul akibat resiko-resiko yang tidak terlindungi.(*)

Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved