BPJS Kesehatan

Permudah Akses Peserta dengan KIS Digital

Sejak diluncurkan tahun lalu, aplikasi JKN Mobile semakin hits dengan fitur-fitur terbarunya

Permudah Akses Peserta dengan KIS Digital

TRIBUNBATAM.id - Sejak diluncurkan tahun lalu, aplikasi JKN Mobile semakin hits dengan fitur-fitur terbarunya.

Selain fitur standart seperti info peserta, info tagihan dan ubah data peserta, JKN Mobile juga memungkinkan kita untuk memperoleh Kartu Indonesia Sehat (KIS) versi digital dengan sangat mudah.

Peraturan Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Nomor 01 Tahun 2018 tentang Kartu Indonesia Sehat Digital Mobile menerangkan bahwa KIS digital adalah identitas peserta BPJS Kesehatan melalui media elektronik/handphone yang merupakan bukti peserta yang sah dalam memperoleh akses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun lanjutan.

Maucensia Septrina Nababan selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta mengatakan bahwa hal ini tidak lain adalah untuk mempermudah akses peserta JKN-KIS dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Ia mengatakan bahwa selama ini cukup banyak peserta yang mengalami kendala dalam memperoleh pelayanan di fasilitas kesehatan,  karena lupa membawa kartu.

Sekarang dengan KIS digital cukup tunjukkan saja maka bisa langsung diterima oleh fasilitas kesehatan.

“Dulu banyak peserta yang ditolak oleh fasilitas kesehatan karena lupa membawa kartu, sekarang dengan KIS digital jadi lebih mudah.”

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyalahgunaan KIS digital, fasilitas kesehatan dapat melakukan verifikasi untuk memastikan keabsahan atau eligibilitas peserta dengan cara membandingkan kesesuaian antara KIS digital dengan identitas pendukung berupa NIK yang terdapat pada Kartu Identitas peserta.

“Peserta nanti cukup membawa KTP saja selain menunjukkan KIS digital agar pihak faskes dapat memastikan kebenarannya.” Ungkap Maucensia.

Maucensia mengatakan ketentuan ini sudah diinformasikan kepada seluruh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, sehingga tidak ada lagi fasilitas kesehatan yang menolak peserta JKN-KIS karena tidak membawa KIS dalam bentuk fisik.

Jika masih ada fasilitas kesehatan yang menolak dengan alasan KIS digital tidak dapat diterima, silahkan laporkan ke BPJS Kesehatan. Ungkapnya.

“Kami selalu berusaha meningkatkan pelayanan agar peserta semakin mudah dalam memperoleh pelayanan kesehatan”. Ungkapnya.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved