Tak Perlu Antre Lama, Warga Bisa Urus Perizinan Lahan di BLINK, BP Batam Jemput Bola ke Masyarakat

"Semakin dekat semakin cepat", menjadi motto layanan yang diberikan Badan Pengusahaan (BP) Batam lewat program BP Batam Layanan Keliling (BLINK)

Tak Perlu Antre Lama, Warga Bisa Urus Perizinan Lahan di BLINK, BP Batam Jemput Bola ke Masyarakat
TRIBUNBATAM.id/Dewi Haryati
Semakin dekat semakin cepat, menjadi motto layanan yang diberikan Badan Pengusahaan (BP) Batam lewat program BP Batam Layanan Keliling (BLINK) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - "Semakin dekat semakin cepat", menjadi motto layanan yang diberikan Badan Pengusahaan (BP) Batam lewat program BP Batam Layanan Keliling (BLINK). Layanan perizinan di bidang lahan ini, merupakan terobosan baru yang diluncurkan BP Batam pada Agustus lalu, dan menjangkau masyarakat di lingkungan perumahan.

------------------------------ ------------------------------ ------------------------------ ---------------------------

Sebuah tenda putih berdiri di kompleks perumahan Baloi Mas, belum lama ini. Tak jauh dari tenda itu, dua unit mobil bertuliskan BP Batam Layanan Keliling (BLINK) terparkir di sana. Di sampingnya dipasang sebuah banner bertuliskan “Semakin Dekat Semakin Cepat”.

Sementara di bawah tenda itu, terlihat beberapa petugas berseragam sedang melayani antrean warga yang datang. Dengan ramah, petugas menanyakan bantuan yang bisa mereka berikan.

Di BLINK, ada dua layanan perizinan lahan yang bisa didapat warga. Pertama, pengurusan perpanjangan Uang Wajib Tahunan (UWT), kedua, pengurusan Izin Peralihan Hak (IPH).

Masing-masing layanan itu, punya petugas yang berbeda. Namun pada hari itu, tak semua warga yang datang langsung mengurus perizinan lahannya. Ada juga yang sengaja datang, sekadar mencari informasi dulu. Baru setelah itu, satu atau dua hari berikutnya, mereka datang lagi membawa berkas-berkas persyaratan yang dimohonkan.

"Kehadiran BLINK ini lumayan membantu wargalah. Karena mereka jemput bola kan," kata warga Baloi Mas, Taha, usai mengurus perpanjangan UWT-nya.

Di sela-sela aktivitasnya, ia tak perlu repot-repot datang ke Mal Pelayanan Publik (MPP). Taha cukup datang ke lokasi BLINK membawa berkas yang dimohonkan, kemudian petugas mengecek kelengkapan berkasnya. Sederhana. Ia pun tak perlu mengantre lama. 

 "Saya tahu layanan ini dari edaran yang diberikan RW," ujarnya.

 Senada dengan Taha, Arbet, warga lainnya juga mengaku cukup terbantu dengan adanya BLINK. Saat berada di depan petugas, ia terlihat aktif bertanya terkait persyaratan pengurusan yang dimohonkan. Arbet datang untuk mengurus perpanjangan UWT atas lahan rumahnya. Selain itu, ia juga bertanya perihal lain, masih terkait lahan.

Halaman
123
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved