KM Sempurna Indah III Nabrak Karang, Nahkoda Dua Kali Tembakkan Suar. Tidak Ada Korban Jiwa

KM Sempurna Indah III alami musibah setelah menabrak karang di sekitar perairan Desa Telaga Kecamatan Siantan, Minggu (21/10/2018)

KM Sempurna Indah III Nabrak Karang, Nahkoda Dua Kali Tembakkan Suar. Tidak Ada Korban Jiwa
Ist
Kapal Motor (KM) Sempurna Indah III alami musibah setelah kapal dengan bobot 76 Gross Ton itu menabrak karang di sekitar perairan Desa Telaga Kecamatan Siantan, Minggu (21/10/2018) sekitar pukul 05.35 WIB. 

TRIBUNBATAM.id - Kecelakan laut kapal kargo kembali terjadi. Kapal Motor (KM) Sempurna Indah III alami musibah setelah kapal dengan bobot 76 Gross Ton itu menabrak karang di sekitar perairan Desa Telaga Kecamatan Siantan, Minggu (21/10/2018) sekitar pukul 05.35 WIB.

Kapal yang memuat 25,6 ton ikan segar, 20 ton es, dan 400 kilogram makanan serta dinahkodai oleh Herman sempat menembakkan suar sebanyak dua kali.

"Nahkoda memerintahkan awak kapal untuk menggunakan life jacket dan naik ke atas atap kapal. Nahkoda juga sempat menembakkan suar tanda bahaya sebanyak dua kali," ujar Kapolres Anambas AKBP Junoto .

Junoto menjelaskan, kapal dengan tujuan Tanjung Balai Karimun ini, awalnya mengisi es dari Tanjung Kumbik Sabtu (20/10/2018) sekitar pukul 23.30 WIB.

Kapal yang memuat tiga belas orang itu mengalami musibah ‎lebih kurang dua mil dari Pulau Telaga sekitar pukul 04.30 WIB setelah bertolak dari Tarempa.

Kapal yang menabrak karang, kemudian menyebabkan air masuk dari lambung kanan dan kapal perlahan tenggelam.

"Sekitar pukul 05.35 WIB, nahkoda beserta awak kapal mendapat pertolongan dari warga Desa Telaga Kecamatan Siantan Selatan. Dari 13 orang yang ada dalam kapal itu, dua orang tidak terdaftar dalam manifes," katanya.

‎Dari koordinasi dengan pihak syahbandar, kapal berangkat pada pukul 23.30 WIB dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun berdasarkan Surat Izin Berlayar.

Kapal pun mengalami pecah pada agian lambung kanan kapal dengan diamter mencapai 40 centimeter. Nahkoda bersama awak kapal saat ini suah dievakuasi dari keseluruhannya dalam keadaan selamat.

"Untuk korban jiwa tidak ada. Namun kerugian materil ditaksir mencapai 500 juta Rupiah," bebernya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved