Lanal Amankan Kapal Asing di Takong Hiu, Karimun. Begini Kata Danlantamal IV

Tim F1QR IV/Patkamla Pulau Karimun Lanal TBK kembali menangkap kapal yang disinyalir melakukan pelanggaran di perairan Indonesia.

Lanal Amankan Kapal Asing di Takong Hiu, Karimun. Begini Kata Danlantamal IV
ist
Danlantamal IV, Laksmana Pertama TNI R. Eko Suyatno memeriksa kapal Jolly Rover saat ekspos penangkapan di Mako Lanal TBK. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Tim F1QR IV/Patkamla Pulau Karimun (Combat Boat) Lanal TBK kembali menangkap kapal yang disinyalir melakukan pelanggaran di perairan Indonesia.

Kali ini satu unit kapal asing berbendera Mongolia bernama Jolly Rover GT 97 diamankan di perairan Takong Hiu, Kabupaten Karimun, Sabtu (20/10) sekira pukul 10.45 WIB.

Penangkapan bermula dari informasi yang diterima oleh tim dari Posal Takong Hiu mengenai kapal bebendera asing mencurigakan yang berlayar di perairan Indonesia.

Kapal tersebut dicurigai membawa barang hasil kegiatan ship to ship dari satu unit kapal tangker

Kemudian tim F1QR melakukan pantauan secara visual motor vessel dengan komunikasi radio terhadap sebuah kapal yang mencurigakan.

Namun karena tidak tersambung tim kemudian menuju ke lokasi.

Di lokasi, tim menemukan kapal Jolly Rover yang diawaki empat Warga Negara Indonesia (WNI).

Jolly Rover bermuatan berbagai barang kelengkapan docking, seperti puluhan kaleng cat berbagai merk, minyak thiner, tali seling dan tali trost dengan taksiran nilai mencapai miliaran rupiah.

Danlantamal IV, Laksmana TNI R Eko Suyatno yang memimpin ekspos penangkapan di dermaga Lanal TBK, Senin (22/10/2018) mengatakan setelah diperiksa ternyata Jolly Rover tidak mengantongi izin melaksanakan kegiatan di perairan Indonesia.

"Jolly Rover bergerak dari Singapura dan memiliki izin menuju west OPL. Kegiatan mereka seharusnya sampai di situ saja. Tapi mereka masuk ke perairan Indonesia dan melakukan kegiatan ship to ship di utara Takong Hiu," kata Eko.

Halaman
12
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved