Pemko Tanjungpinang Mulai Uji Coba Perda Kawasan Tanpa Rokok

Pemerintah Kota Tanjungpinang sedang merancang Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok

Pemko Tanjungpinang Mulai Uji Coba Perda Kawasan Tanpa Rokok
net
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Siapapun tidak bisa lagi merokok sembarangan di kota Tanjungpinang.

Sebab, Pemerintah Kota Tanjungpinang sedang merancang Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Uji Publik Rancangan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR) berlangsung di aula Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang, Senin (22/10/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan Perda KTR ini bukan bertujuan melarang seseorang untuk mengkonsumsi rokok melainkan mengatur tempatnya.

Dengan demikian, orang yang tidak merokok bisa terhindar dari paparan asap rokok yang dapat mempengaruhi kesehatannya.

"Pada jangka panjang juga remaja dan anak-anak diharapkan bisa terbebas dari asap rokok sehingga dapat tumbuh sehat sebagai generasi penerus bangsa," tegas Rustam.

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul juga mengatakan rokok merupakan permasalahan kesehatan yang paling menantang di kota ini.

Pada 2013 Indonesia menempati urutan ke tiga di dunia yang sepertiga penduduknya perokok aktif mulai dari remaja, dewasa, hingga kaum perempuan.

Perda ini nantinya mengatur adanya kawasan tanpa asap rokok pada fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja dan tempat lain supaya dapat menyiapkan kawasan khusus untuk merokok.

Rancangan Perda ini sendiri sudah digodok sejak tahun 2015. Namun karena alasan berbagai hal Perda ini baru akan di realisasikan tahun ini.

"Yang paling kita minta adalah supaya ada ketertiban supaya tidak merokok di sembarang tempat, kalau dulu jangan buang sampah di sembarang tempat, tapi kali ini tolong jangan merokok di sembarang tempat," kata Syahrul

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved