Melihat Hasil Pileg 2014 Kota Batam

Dapil Kota Batam Bertambah, Peta Persaingan pun Bisa Berubah

Sebaran perolehan suara pada Pileg 2019 kemungkinan berubah dibandingkan Hasil Pileg 2014. Hal itu selain jumlah partai, jumlah Dapil juga berubah.

Dapil Kota Batam Bertambah, Peta Persaingan pun Bisa Berubah
parpol jelang pemilu 

TRIBUNBATAM.ID - Tahapan Pelaksanaan Pemilu 2019 memasuki masa krusial. Masa kampanye telah berlangsung, meski masih terbatas tahap sosialisasi.

Namun begitu, persaingan perebutan suara di daerah pemilihan oleh partai-parti politik maupun calon legislatif sudah terasa.

Beragam fenomena mengemuka turut mempengaruhi dinamika politik saat ini. Bahkan momentum-momentum yang muncul juga dianggap bisa mempengaruhi tingkat elektabilitas partai peserta pemilu.

Baca: Survei Kompas Terkini : Lima Parpol Belum Aman Lolos ke Senayan. Siapa Saja di Peringkat Atas?

Baca: Survei LSI Terkini : Pasca Kasus Hoax Ratna Sarumpaet Elektabilitas Prabowo-Sandi Turun 1 Persen

Baca: Survei Y-Publica: Jokowi-Maruf Ungguli Prabowo-Sandi

Secara nasional, elektabilitas PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Golkar kini berada di urutan empat teratas. Hal itu berdasarkan hasil survei Litbang Kompas pada 24 September-5 Oktober 2018.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,8 persen.

Dari hasil survei itu juga bisa diketahui, enam partai politik terancam tidak lolos ambang batas parlemen yang sebesar 4 persen. Enam partai itu adalah Perindo (1,5 persen), Hanura (1 persen), PBB (0,4 persen), PSI (0,4 persen), Partai Berkarya (0,4 persen), Partai Garuda (0,3 persen)
dan PKPI (0,1 persen).

Sementara lima parpol lain posisinya belum aman untuk lolos ke DPR periode 2019-2024. Yaitu Partai Demokrat (4,8 persen), Partai Nasdem (3,6 persen), PKS (3,3 persen), PPP (3,2 persen) dan PAN (2,3 persen).

Lantas bagaimana dengan persaingan di Batam? Persaingan juga cukup ketat. Kini KPU telah mengesahkan caleg dari semua parpol untuk bersiap berkompetisi pada Pileg 2019. Beragam terobosan dan kreativitas dilakukan untuk bisa meraup suara di enam dapil yang ada.

Untuk mengetahui peta kekuatan ataupun gambaran persaingan, tidak tidak ada salahnya kita membuka kembali file hasil Pileg 2014 Kota Batam.

KPU Provinsi Kepri menetapkan perolehan suara dan kursi parpol serta penetapan 50 calon terpilih anggota DPRD Batam hasil Pileg 2014. Hasilnya dari data form EB-1 yang dibacakan KPU Kepri, mulai Dapil I- Dapil V: sebagai berikut:

Halaman
123
Penulis: Purwoko
Editor: Purwoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved