BATAM TERKINI

30 Kendaraan Penumbar Terjaring Razia Wajib Urus KIR ke Dishub

Puluhan kendaraan angkutan umum dan barang terjaring razia, oleh tim gabungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam.

30 Kendaraan Penumbar Terjaring Razia  Wajib Urus KIR ke Dishub
TRIBUNBATAM.id/DEWANGGA RUDI
Razia tim gabungan Jalan Gajah Mada, Tiban Lama, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (25/10/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Puluhan kendaraan angkutan umum dan barang terjaring razia, oleh tim gabungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam bersama pihak dari Kepolisian dan juga Corps Polisi Militer (CPM) di ruas sisi Jl. Gajah Mada, Tiban Lama, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (25/10/2018).

Kabid Lalulintas Dishub Batam, Edward Purba menyebut razia Penumbar (Pengangkutan Umum dan Barang) ini dimulai sedari pukul 09:30 WIB. Di mana razia ini dalam 1 tahun diadakan 48 kali di setiap daerah di Kota Batam.

"Hingga bulan Oktober ini telah 44 kali kita adakan razia. Dan razia hari ini kita adakan sedari pukul 09:30 WIB, fungsinya untuk mencek angkot dan kendaraan barang telah uji KIR apa tidak," ujar Edward Purba, Kabid Lalin Dishub Kota Batam.

Tim gabungan yang melakukan razia gabungan diantaranya terdiri dari Dishub Batam, Satlantantas Polresta Barelang dan CPM.

"Hari ini ada 35 personel gabungan, dari anggota dishub sendiri, ada dari satlantas Polres, ada juga dari polisi militer," paparnya.

Baca: Gelar Razia Gabungan, Dishub Kota Batam Amankan 30 Kendaraan Belum Uji KIR

Baca: Jumat Tes CPNS Pemko Batam di Mulai, Jefridin Tinjau Kesiapan Alat Ujian

Baca: Disambut Ribuan Bobotoh, Kapten Persib Bandung Sampai Menangis: Kami Akan Mati-matian Agar Juara

Edward menambahkan, puluhan kendaraan penumbar berhasil diamankan dalam Razia KIR yang di selenggarakan di Tiban.

"Ada 30 kendaraan hari ini yang kita amankan. Kita imbau bagi pemilik kendaraan yang merasa kendaraannya kita tahan. Untuk menunjukkan berkas-berkas di kantor Dishub Batam," paparnya.

Perihal kendaraan yang belom uji KIR, Dishub juga menghimbau agar pemilik kendaraan melakukan uji KIR langsung ke Dishub.

"Karena fungsional KIR ini sendiri untuk kelayakan dari setiap bagian kendaraan seperti lampu, rem, pedal gas, dan lainnya. Jangan setelah dirazia dulu baru uji KIR. Mengingat uji KIR ini adalah per enam bulan," lanjutnya.

Pada dasarnya ini semua merupakan perihal pengawasan dan pembinaan terhadap masyarakat pemilik pengenderaan di kota Batam jelas Edward Purba mengakhiri percakapan. (*)

Penulis: Dewangga Rudi Serpara
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved