VIDEO. Polda Kepri Gelar Simulasi Evakuasi Korban Bencana Massal di Kampus Ibnu Sina

Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polisi Daerah (Polda) Kepri melakukan simulasi evakuasi "korban ledakan" yang berada di Kampus Ibnu Sina

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polisi Daerah (Polda) Kepri melakukan simulasi evakuasi "korban ledakan" yang berada di Kampus Ibnu Sina Batam, Minggu (28/10/2018) pagi.

Pantaun TRIBUNBATAM.id, terlihat sejumlah anggota Biddokes yang menggunakan seragam biru dongker melakukan olah TKP kejadian yang sudah dipolisi line.

"Korban" yang sudah tegeletak, ada pula korban yang anggota tubuhnya berpisah langsung dievakuasi untuk segera dibawa ke rumah sakit terdekat.

Baca: Klasemen MotoGP Setelah Maverick Vinales Juara GP Australia, dan Marc Marquez Gagal Finish

Baca: Peringati Hari Sumpah Pemuda, IPKK Tanjung Uban Deklarasi Tolak Politisasi Sara & Politik Uang

Baca: Jadwal & Lokasi Ujian CAT CPNS Bintan. Kepala BKPPD: Waspada, Banyak yang Ngaku Bisa Luluskan

Baca: Ditabrak Johann Zarco di MotoGP Australia 2018, Begini Kondisi Motor Marc Marquez

Evakuasi ini disaksikan ratusan mahasiswa STAI, STIE, dan pelajar hingga tingkat SMA.

Ini adalah bagian dari kegiatan sosialisasi dan simulasi Disaster Victim Identivikasion (DVI) yang digelar di aula yayasan pendidikan Ibnu Sina Batam, Minggu pagi.

Kabiddokes Polda Kepri Kombes Pol Djarot Wibowo mengatakan, DVI adalah suatu prosedur operasi untuk mengindentifikasi korban tewas saat bencana massal, yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan berdasarkan protokol interpol.

"Mengapa prosedur. Karena ada tahapan-tahapan dan teknik yang dilakukan dalam proses identifikasi tersebut," katanya usai menggelar sosialisasi, Minggu (28/10/2018), yang turut dihadiri drg. Andi Tenri Umum, Rektor Ibnu Sina.

Sosialisasi ini sudah dilakukan di sejumlah perguruan tinggi di Kepri. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelajar dan mahasiswa.

"Dalam kegiatan ini setidaknya ada gambaran pengetahuan yang lengkap. selain narasi, juga ada prakteknya," katanya.

Tujuan dari kegiatan ini pun, akan merekrut para relawan sadar bencana setiap perwakilan kampus yang di Kepri.

"Jadi manfaat dari kegiatan ini, bagi mahasiswa yang ingin bergabung menjadi relawan sadar bencana akan kita berikan pelatihan. Dan ini nantinya bisa diterapkan ke lingkungan masyarakat," ujarnya. (dra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved