Tahun Depan, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang Jadi Smart Terminal. Transaksi Pakai Nontunai

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I cabang Tanjungpinang akan menyulap Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) menjadi Smart Terminal tahun depan.

Tahun Depan, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang Jadi Smart Terminal. Transaksi Pakai Nontunai
Halaman parkir di pelabuhan Pelabuhan Sri Bintan Pura yang sedang dibenahi 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I cabang Tanjungpinang akan menyulap Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) menjadi Smart Terminal tahun depan.

Pelabuhan tersebut bakal menjadi pilot project Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk kelas pelabuhan di Indonesia, yang akan menerapkan seluruh transaksi serba elektronik (e-money).

General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, Arif Indra melalui Manager Teknik, Polasa mengatakan sistem nontunai ini merupakan program pertama di Indonesia yang dicetuskan Pelindo I Tanjungpinang.

"Kami sudah menerapkan sistem E-Berthing atau Sistem Online Pembayaran Tambatan Kapal. Pembayaran masuk pelabuhan sudah berjalan dengan menggunakan e-Pass atau menggunakan cara efektif nontunai," kata Polasa kepada Tribun Batam Rabu (31/10/2018).

Baca: Blak-blakan, Ronaldo Ungkap Alasan Tinggalkan Real Madrid: Seolah-olah Saya Tak Diperlukan Lagi

Baca: INFO CUACA KEPRI - Waspadai Gelombang Tinggi di Dua Wilayah Kepri Ini

Baca: LOKER BATAM HARI INI - Dicari Manager Koperasi, Berikut 6 Info Lowongan Kerja Hari Ini

Pelindo juga akan membuat aplikasi pembelian tiket kapal dengan menggunakan e-Ticketing dan pembelian makanan yang ada di pelabuhan ini dengan e-Food Card. Semua aplikasi ini akan menggunakan e-money, sehingga di pelabuhan tidak lagi menggunakan uang tunai dalam bertransaksi.

"Target kami, pada tahun 2019 seluruh transaksi serba elektronik yakni menggunakan card e-money. Selain itu, penerapan ini sangat efektif dan transparan. Termasuk e-parking untuk membayar parkir," tambah Polasa.

Berita terkait simak Tribun Batam edisi Kamis 1 November 2018

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved