BATAM TERKINI

Hindari Kecelakan Dalam Kerja, Babysistter pun Harus Lulus Kompetensi

Dalam uji komptensi itu dikuti 32 siswi pengasuh anak atau babysitter. Dalam komptensi itu yang diuji, peserta harus mengikuti ujian tertulis

Hindari Kecelakan Dalam Kerja, Babysistter pun Harus Lulus Kompetensi
TRIBUNBATAM
Peserta komptensi Babysistter foto bersama sebelum mengikuti ujian 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Untuk meminimalisir kurangnya kompetensi dalam menjalankan tugas yang dapat mengakibatkan kelalaian atau kecelakaan kerja, babysitter atau pengasuh anak pun perlu mendapatkan pelatihan dan bimbingan serta supervisi.

Babysitter harus diberikan sertifikasi oleh pemerintah maupun lembaga yang ditunjuk. Untuk mewujudkan itu semua, Tempat Uji Kompetensi (TUK) Hadi Jaya Batam bersama LSK PAN (Lembaga Sertifikasi Kompetensi) menggelar Sosialisasi Penguatan TUK dan uji komptensi beberapa waktu lalu.

"Dalam uji komptensi itu dikuti 32 siswi pengasuh anak atau babysitter. Dalam komptensi itu yang diuji, peserta harus mengikuti ujian tertulis atau teori. Setelah lulus baru bisa ikut ujian praktek, mulai dari menyiapkan kebutuhan makan, minum bayi, sampai perkembangan serta kesehatan bayi," kata Hj Wuryani Hadi, Wakil Pimpinan TUK Hadi Jaya Batam.

Baca: Emak-emak di Bintan Kompak Jadi Kurir Narkoba, Dikendalikan dari Dalam Penjara

Baca: Warga Mengaku Resah, Polisi Tertibkan Pak Ogah di Sekupang

Baca: Permainan Seribu Gasing di Ruas Jalan Engku Puteri Dimainkan Pelajar SD dan SMP

Wuryani menyebutkan dalam sosialisasi dan uji komptensi, peserta tidak dipungut biaya dan semua kegiatan itu mendapat bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas) Kemendikbud.

"Dengan kegiatan sosialisasi dan ujian komptensi ini Pemerintah menyambut baik dan akan selalu mendukungnya. Karena melalu ujian komptensi ini, nantinya bisa diketahui bahwa babysitter juga harus ditempuh dengan pelatihan dan pendidikan yang benar. Profesi ini itdak dipandang sebelah mata," katanya.(bur)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved