Tasikmalaya Diterjang Banjir Badang, Jembatan Putus dan Jaringan Listrik Padam

Jembatan Pesanggrahan yang berada di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya roboh karena diterjang banjir, Selasa (6/11/2018).

Tasikmalaya Diterjang Banjir Badang, Jembatan Putus dan Jaringan Listrik Padam
TRIBUNBATAM/ISTIMEWA
Jembatan Pesanggrahan yang berada di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya roboh pada pukul 03.00 WIB, Selasa (6/11/2018) 

TRIBUNBATAM.id, TASIKMALAYA-Jembatan Pesanggrahan yang berada di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya roboh karena diterjang banjir, Selasa (6/11/2018).

Robohnya Jembatan Pesanggrahan membuat sejumlah desa sekitar jembatan terisolir. Kejadian robohnya jembatan sepanjang 108 meter tersebut terjadi pada pukul 03.00 WIB, Selasa (6/11/2018), setelah hujan deras mengguyur daerah tersebut selama semalaman.

Jembatan Pesanggrahan tersebut menghubungkan Ciandum, Ciheras, Pameutingan, Cipanas, dan Sikahurip.

Panjang jembatan yang roboh sepanjang 70 meter.

"Mengenai akses masyarakat yang terputus, kami berkoordinasi dengan kepolisian. Kemungkinan akan dipasang jembatan sementara (bailey) besok," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya, Undang.

Menurut Undang, beberapa desa tersebut terisolir karena jembatan itu akses satu-satunya, adapun akses untuk menuju Tasikmalaya kota harus memutar ke arah Garut Selatan yang jelas jaraknya jauh.

"Sedangkan untuk melakukan penyeberangan menggunakan perahu tidak memungkinkan karena aliran air sungai Cipatujah masih sangat deras," tuturnya.

Baca: Rumah Tenggelam ke Dalam Laut, Dokumen dan Barang Berharga Hilang. Ini Harapan Warga Pulau Pecong

Baca: Pemprov Kepri Bantu Atasi Titik Banjir di Kota Tanjungpinang. Nurdin Basirun: Kita Atasi Sama-sama

Baca: Paska Banjir di Samping SPBU Batu 7, Ini Arahan Walikota Tanjungpinang

Baca: Kapolres Tanjungpinang Turun Langsung Atasi Banjir dan Atur Laulintas

Sementara itu, selain mengakibatkan banjir bandang, menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Wawan R Effendi, curah hujan yang tinggi yang terjadi juga mengakibatkan longsor.

"Selain banjir bandang cipatujah, berdasarkan laporan longsor terjadi di beberapa titik di Kecamatan Culamega. Kami belum bisa memastikan berapa rumah dan korban yang terdampak," kata Wawan.

Wawan juga menuturkan, akibat kerusakan yang terjadi sejumlah layanan publik terganggu.

"Listrik padam, layanan komunikasi terganggu, sejumlah jembatan gantung di wilayah Nagrog dilaporkan terputus. Kemudian di Karangnunggal persawahan, kolam, serta bahu jalan tertutupi air," tuturnya.

Hingga saat ini, tim gabungan masih melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak dan juga pencarian korban, serta tengah menginvetarisir kerugian yang ditimbulkan. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Banjir Bandang Terjang Tasikmalaya, Sejumlah Jembatan Putus dan Jaringan Listrik Mati,

Editor: Zabur Anjasfianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved