Partai Demokrat Gusur Dominasi Partai Republik di DPR AS. Kebijakan Donald Trump Terancam

Partai Demokrat unggul tipis dengan meraih 221 kursi House of Representatives atau DPR, sementara petahana Partai Republik meraih 198 kursi.

Partai Demokrat Gusur Dominasi Partai Republik di DPR AS. Kebijakan Donald Trump Terancam
CBS12.com
Sejumlah seleb, America Ferrera, Eva Longoria, Gina Rodriguez, Rosario Dawson dan Zoe Saldana ikut pemilu paruh untuk mendukung Andrew Gillum sebagai Gubernur Florida 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON -Partai Demokrat sukses menumbangkan Partai Republik dalam Pemilu paruh waktu Amerika Serikat, Rabu (7/11/2018).

Partai Demokrat unggul tipis dengan meraih 221 kursi House of Representatives atau DPR, sementara petahana Partai Republik meraih 198 kursi.

Partai Demokrat yang menggunakan sentimen keragaman dengan menampilkan para kandidat multi-etnis merebut 26 kursi yang selama ini dikuasai oleh Partai Republik.

Hasil ini membuat pemerintahnan Donald Trump yang akan berkuasa dua tahun lagi tertekan karena kebijakannya yang selama ini sering kontroversial, akan mendapat perlawanan keras dari parlemen.

Meskipun meraih kemenangan di parlemen, Partai Republik belum terkalahkan dalam perebutan kursi Senat, yakni 51 kursi, sementara Demokrat meraih 44 kursi. 

Baca: UPDATE! Pemilu Paruh Waktu AS, Demokrat Ungguli Republik, Sulitkan Langkah Donald Trump

Cukup mengejutkan, Partai Demokrat justru kehilangan dua kursi dalam pemilu paruh waktu ini.

Partai Demokrat akan mengambil alih parlemen atau dari dominasi Republik.

Minat warga AS untuk mengikuti Pemilu paruh waktu yang digelar pada pertengahan masa jabatan pemerintahan ini juga meningkat dari 27 juta menjadi 38,5 juta orang.

Wajah-wajah baru yang akan mengisi kursi parlemen dari Partai Demokrat memang menggambarkan ketidaksukaan pada pemerintahan Trump yang rasis.

Hal ini bisa terlihat dari peningkatan pemilih, menurut CBS, 38 persen berasal dari kulit berwarna dan 8 persen kenaikan pemilih wanita.

Halaman
12
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved