Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjunguban Menjadi Bagian Urat Nadi Penyaluran Biodiesel 20

Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjunguban, Bintan Utara menjadi salah satu urat nadi penyaluran biodisel 20 persen atau B20

Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjunguban Menjadi Bagian Urat Nadi Penyaluran Biodiesel 20
TRIBUNBATAM.id
Salah satu kilang minyak di TBBM Tanjunguban 

TRIBUNBATAM.id - Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjunguban, Bintan Utara menjadi salah satu urat nadi penyaluran biodisel 20 persen atau B20.

Penyaluran Biodisel tersebut telah diterapkan sejak 1 September 2018 lalu.

Dikutip dari situs www.pertamina.com,  10 TBBM Utama yang menerima FAME (Fatty Acid Methyl Eter) dan menyalurkan B20  ke TBBM di sekitarnya adalah Terminal BBM Tanjunguban.

Direktur Logisitk Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo, menyebutkan TBBM Tanjunguban merupakan terminal utama yang  menyerap FAME sekitar 8.700 KL per-bulan.

Kemudian BBM campuran nabati atau Biosolar B20 dari TBBM Tanjung Tuban didistribusikan ke TBBM Kijang, Kabil-Batam, dan Natuna.

“Terminal BBM Utama ini tidak hanya menyalurkan B20 ke TBBM tetapi juga melayani kebutuhan B20 untuk SPBU, SPBB (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Bunker), dan konsumen industri setempat,” kata Gandhi Sriwidodo.

Selain TBBM Tanjunguban, sembilan TBBM lainnya yang  menyalurkan B20 ke TBBM sekitarnya yakni Surabaya, Tanjung Wangi, Manggis, Kupang, Pontianak, Makassar, Bau-Bau, Bitung dan  Wayame Ambon.

Gandhi Sriwidodo menambahkan Pertamina juga telah terus menambah terminal-terminal BBM yang akan menyalurkan B20  ke SPBU Pertamina yang ditargetkan mencapai 112 Terminal BBM Pertamina.

“Pada awal September lalu baru 60 TBBM kami yang siap menyalurkan B20, dan alhamdulillah hingga 14 September kemarin, sudah ada tambahan 9 TBBM lagi sehingga menjadi 69 TBBM yang menyalurkan B20," kata Gandhi.

Manfaat Biodiesel B20

Halaman
123
Penulis: Danang Setiawan
Editor: Danang Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved