BATAM TERKINI

Yusfa Hendri Minta OPD dan Swasta Semarakkan Hari Jadi Batam, Berbagai Kegiatan akan Dilakukan

Merayakan Hari Jadi Batam (HJB) ke-189 panitia akan menyelenggara berbagai kegiatan hingga akhir tahun.

Yusfa Hendri Minta OPD dan Swasta Semarakkan Hari Jadi Batam, Berbagai Kegiatan akan Dilakukan
TRIBUNBATAM.id
Beri Keterangan - Asisten Pemerintahan Pemko Batam, Yusfa Hendri didampingi Kabag Tata Pemerintahan Rudi Panjaitan memberikan keterangan terkait pelaksanaan Hari Jadi Batam yang ke-189 tahun. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Merayakan Hari Jadi Batam (HJB) ke-189 panitia akan menyelenggara berbagai kegiatan hingga akhir tahun. Ketua Hari Jadi Batam (HJB), sekaligus Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Pemko Batam, Yusfa Hendri, mengatakan sudah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh instansi dan tempat usaha di Kota Batam.

"Dalam rangka HJB ini kami sudah membuat edaran kepada seluruh instansi pemerintah dan swasta di Kota Batam, sekolah, rumah sakit, pusat perdagangan, mal, semua instansi ikut berpartisipasi. Paling tidak menghiasi masing-masing tempat usahanya. Mulai tanggal 1 sampai 31 Desember 2018," ujar Yusfa, Kamis (8/11/2018).

Ia melanjutkan seluruh instansi dihimbau untuk memasang umbul-umbul, spanduk, pernak-pernik yang berkaitan dengan HJB disertai logo HJB 189. Logonya bisa di download diwebsite Pemerintah Kota Batam di www.batam.go.id.

"Kedua panitia sudah menyiapkan serangkaian acara yang diawali KSM (Kenduri Seni Melayu) yang dilangsungkan 1 sampai 3 November 2018. Kemudian kita juga melaksanakn berbagai macam perlombaan ada lomba fotografi, vlog, karya tulis jurnalistik, menulis surat untuk wali Kota Batam untuk SD dan SMP yang lainnya kategori umum.

Kita akan pamerkan lomba foto dan vlog itu. Bekerjasama dengan beberapa organisasi yang membidangi perlombaan tersebut. Termasuk pera wartawan dan pewarta foto," paparnya.

Tak hanya itu ada juga kegiatan-kegiatan yang disenergikan seperti kegiatan remaja. Seperti bazar remaja, donor darah, pengukuhan forum informasi remaja, lomba skate board, gotong royong dan lain sebagainya. Di hari puncaknya pada 14 Desember 2018 mendatang akan dilakukan ziarah ke Makam Zuriat Nong Isa.

"Disamping kegiatan tauziah ada perwiritan dan penggantian kain sampul nisan Zuriat kain wana kuning," tuturnya.

Baca: Kenduri Seni Melayu Rangkaian Hari Jadi Batam, Rudi Genjot Sektor Pariwisata

Baca: Perampok Sadis Beraksi di Kota Tanjungpinang. Pelaku Sekap Korban di Kamar Mandi

Baca: Perampok Sadis Beraksi di Kota Tanjungpinang. Pelaku Sekap Korban di Kamar Mandi

Dalam rangka HJB ini juga akan diadakan sidang paripurna istimewa DPRD Kota Batam tanggal 16 Desember 2018. Menariknya lagi pada siang harinya akan dilangsungkan kegiatan pawai budaya nusantara.

"Kegiatan pawai ini menghimpun semua komponen masyarakat Kota Batam. Dimana Kota Batam ini multi culture, agama, dan lain sebagainya. Teknis penanggungjawab pawai akan dibagi berdasarkan OPD Kota Batam. Misalnya Dinas Kominfo, Kadisnya adalah suku Bawean, berarti kadisnya membawa paguyuban bawean atau madura," katanya.

Malam harinya, lanjut Yusfa, akan melaksanakan Anugerah Batam Madani (ADM). Dalam ADM ini, Pemko Batam akan memberikann penghargaan kepada tokoh-tokoh atau badan usaha yang dinilai telah memberikan kontribusi secara terus menerus bagi pembangunan di Kota Batam.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan dan diberikan oleh tim seleksi penerima Anugrah Batam Madani. Penilaiannya berdasarkan kriteria tertentu, misalnya ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainnya. Ada sebanyak 20 jenis kriteria.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved