BATAM TERKINI

Hingga November 2018, Kecelakaan Lalulintas di Batam Renggut Nyawa 73 orang. Ini Faktor Penyebanya 

"Jadi 73 kasus kecelakaan lalulintas ini sudah termasuk kecelakaan kendaraan roda dua dan roda empat," tuturnya.

Hingga November 2018, Kecelakaan Lalulintas di Batam Renggut Nyawa 73 orang. Ini Faktor Penyebanya 
Tribun Batam/Wahib Waffa
Lakalantas maut di ruas jalan arah Batu Besar Nongsa Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Satuan Lalulintas Polresta Barelang mencatat, sepanjang tahun 2018, tercatat 73 nyawa melayang dalam insiden kecelakaan lalu lintas di Batam. Kasus kecelakaan ini terhitung dari Januari hingga November 2018.

"Dari Januari sampai November 2018 sebanyak 73 orang meninggal dunia dalam kasus kecelakaan lalulintas," kata Waksatlantas Polresta Barelang, AKP Kartijo, Jumat (09/11/2018).

Kartijo juga memberitahu, kasus kecelakaan lalulintas ini, termasuk ada laka tunggal dan laka lainya. Baik itu kendaraan roda dua dan roda empat.

"Jadi 73 kasus kecelakaan lalulintas ini sudah termasuk kecelakaan kendaraan roda dua dan roda empat," tuturnya.

Lanjutnya, adapun jalan yang kerap sepanjang tahun ini paling rawan terhadap kecelakaan lalulintas yaitu sepanjang Jalan R Suprapto dan Jalan Yossudarso.

"Kedua jalan ini sangat rawan terjadi kecelakaan lalulintas dari sejumlah jalan lainya di Batam. Sedangkan tahun lalu angka kecelakaan itu tercatat sangat banyak di Jalan Trans Barelang," tuturnya.

Dia juga menambahkan, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi yang dilakukan pihaknya lakalantas yang berujung maut yang terjadi di wilayah Batam disebabkan oleh tiga faktor di antaranya faktor cuaca, faktor jalan dan juga faktor human error (kelalaian manusia).

"Untuk faktor cuaca seperti jalanan licin saat hujan yang dipakasakan oleh pengendara. Faktor jalan yang memang ada tikungan yang memang harus hati-hati dalam berkendara," ujarnya.

Baca: BREAKINGNEWS. Alami Lakalantas, Wanita Pengendara Vario Pink Tewas Mengenaskan di Sei Panas

Baca: Dokter RSUD Mengeluh. Banyak Korban Lakalantas Digratiskan. Ini Alasannya

Baca: Pengemudi Meninggal Dunia, Kasus Lakalantas Maut Pelita Dihentikan

Baca: Di Lokasi Lakalantas Maut di Pelita Terdapat Tanda Garis Putih dan Serpihan Mobil

"Selain itu faktor yang sangat mempengaruhi adalah human error atau kelalaian pengendara, diantaranya tidak mengindahkan peraturan berlalulintas, ugal-ugalan, ngebut, ngantuk di jalan," terangnya.

Atas kejadian lakalantas, Kartijo juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di kota Batam tentunya, kepada pengendara untuk tidak melanggar aturan berlalulintas di jalan dan mematuhi aturan yang ada.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau agar berkendara tidak ugal-ugalan dijalan dan berhati-hati dalam berkendara. Karena keselamatan itu yang perlu diutamakan dalam berkendara.

"Kami juga berharap kepada masyarakat apabila melihat kejadian kecelakaan lalulintas, saya ajak supaya tergugah hatinya untuk membantu korban dan segera memberitahu petugas kepolisian, supaya korban bisa ditangani langsung," jelasnya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved