Lamanya, 32 Tahun Disidang. Istri Diktator Imelda Marcos Divonis 77 Tahun Penjara, Saat Sudah Uzur

Proses pengadilan terhadap Imelda Marcos sangat panjang, 30 tahun dan baru divonis hakim pengadilan Sandiyanbayan, Jumat (9/11/2018).

Lamanya, 32 Tahun Disidang. Istri Diktator Imelda Marcos Divonis 77 Tahun Penjara, Saat Sudah Uzur
AFP
Imelda Marcos, mantan ibu negara Filipina, istri diktator Ferdinand Marcos 

TRIBUNBATAM.id, MANILA - Nama Imelda Marcos sangat kesohor pada 30 tahun silam. Ibu negara Filipina yang juga istri Presiden Ferdinand Marcos dikenal sebagai ibu negara yang hidup dengan serba kemewahan.

Setelah suaminya digulingkan dari kursi pemerintahan, Imelda Marcos kemudian diseret ke pengadilan dengan tuduhan korupsi.

Proses pengadilan terhadap Imelda Marcos sangat panjang, 30 tahun dan baru divonis hakim pengadilan Sandiyanbayan, Jumat (9/11/2018).

Dilansir TribunBatam.id dari Phillpine Inquirer, Imelda Marcos divonis 77 tahun penjara saat usianya sudah uzur, 89 tahun.

Para penentang rezim Marcos menyambut vonis tersebut, namun ragu, apakah Presiden Duterte akan mengirim Imelda Marcos  ke penjara.

Dalam putusannya, engadilan memerintahkan penangkapan terhadap janda diktator tersebut, tapi ia bisa lepas dari sel jika memberikan uang jaminan yang nilainya belum ditentukan.

Hakim juga meminta terdakwa Imelda Marcos untuk menjelaskan ke pengadilan, kenapa ia tidak pernah hadir selama persidangan, paling lambat dalam 30 hari.

Tujuh dakwaan

Pengadilan memutuskan Imelda bersalah dalam tujuh dari 10 dakwaan korupsi yang diajukan terhadapnya , dari tahun 1991 hingga 1995.

Imleda Marcos bersama Ferdionand marcos saat berkuasa (filipoknow.net)

Salah satunya, Imelda dan suaminya mendirikan yayasan untuk menyimpan setidaknya AS$ 200 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun lebih di sebuah bank di Swiss.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved