BATAM TERKINI

Cara Jitu Tarik Pengunjung Beberapa Portal Tawarkan Belanja Harga Murah Lewat Online

Pelanggan situs maupun aplikasi e-commerce tentunya tak akan melewatkan festival belanja online 11.11 atau Single Day puncaknya 11 November.

Cara Jitu Tarik Pengunjung  Beberapa Portal Tawarkan Belanja Harga Murah Lewat Online
Istimewa
Tips aman belanja lewat online 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Pelanggan situs maupun aplikasi e-commerce tentunya tak akan melewatkan festival belanja online 11.11 atau Single Day di mana puncaknya adalah 11 November 2018.

Sejumlah marketplace di Indonesia pun berlomba-lomba memberikan penawaran terbaik untuk memanjakan pelanggannya. Promosi yang diberikan pun semakin kreatif dan interaktif.

Jika dulu promosi hanya berupa potongan harga, kini mulai bergeser ke bentuk yang lebih menarik seperti kuis di media sosial, cashback, hingga permainan interaktif.

Sebut saja Slash It di Lazada, Shake-a-Ton di Bukalapak, Goyang Shopee, Shake shake di Tokopedia, dan sebagainya.

Baca: Catat Yaa, Ini Daftar Situs Belanja Online yang Gelar Promo 11.11 Hari Belanja Online Nasional 2018

Baca: Dokter Suntik Bidan Sampai Pingsan Tiga Jam. Yusrizal dan Winda Terlibat Percakapan Tukar Jasa Medis

Baca: Gara-gara Terdakwa Minta Pembuktian Aneh ke Hakim Perempuan, Pria Ini Huni Penjara Lagi

Untuk parade belanja 11.11 ini, para e-commerce semakin kreatif mengembangkan permainan seru yang bisa dilakukan melalui ponsel pintar.
Lazada mengeluarkan program Lazada Wonderland di mana konsumen bisa bermain untuk menemukan promo di toko favorit mereka.

Sedangkan Blibli mengeluarkan permainan bernama Blibli Histeria Jerat Jerit yang mengharuskan konsumen mencari promo di toko terdekat untuk mendapat cashback.

Elevenia juga mengembangkan permainan interaktif bernama SU11T yang mengajak konsumen untuk bermain suit dengan konsumen lain untuk mendapat poin dan hadiah.

Tim riset iPrice merangkum sejumlah promosi yang ditawarkan e-commerce tanah air menjelang festival belanja 11.11. Ragam promosi yang ditawarkan terbagi dalam 7 kategori, yakni flash sale, diskon produk, promo brand eksklusif, cashback, in-app games, free delivery, serta kuis dan media sosial.

Sementara e-commerce yang dibandingkan adalah Shopee, Lazada, Blibli, JD.id, Elevenia, dan Zalora.Flash Sale: Shopee, Lazada, Blibli, JD.id, Elevenia, Zalora Diskon produk: Shopee, Lazada, Blibli, JD.id, Elevenia, Zalora Promo brand eksklusif: Shopee, Lazada, Blibli, JD.id, Elevenia.

Cashback : Shopee, Lazada, Blibli, JD.id, Elevenia. In-app games: Shopee, Lazada, Blibli, JD.id, Elevenia. Free delivery: Shopee, Lazada, JD.id, Elevenia. Kuis dan media sosial: Shopee, Blibli, Elevenia Dari data tersebut, Shopee, Elevenia, dan JD.id yang menawarkan seluruh kategori promosi yang ada.

Dari data tersebut juga diketahui bahwa flash sale dan diskon produk eksklusif menjadi jenis promosi yang paling banyak digelontorkan e-commerce yang diobservasi. Data tersebut menunjukkan adanya perubahan tren promosi belanja yang diusung e-commerce. Cara lama seperti give away tergantikan cashback dan permainan interaktif. (*)

Editor: Sihat Manalu
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved