BATAM TERKINI

Polisi Tetapkan Agus dan Aji Tersangka Penyeludupan TKI dari Malaysia, Ini Peran Dua Tersangka

Satreskrim Polresta Barelang mentapkan Agus dan Aji sebagi tersangka dalam kasua penyelundupan TKI dari Malaysia ke Batam.

Polisi Tetapkan Agus dan Aji Tersangka Penyeludupan TKI dari Malaysia, Ini Peran Dua Tersangka
TRIBUNBATAM/EKO SETIAWAN
Agus dan Aji ditetapkan sebagai tersangka penyeludupan TKI dari Malaysia 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Satreskrim Polresta Barelang mentapkan Agus dan Aji sebagi tersangka dalam kasua penyelundupan TKI dari Malaysia ke Batam.

Ia ditetapkam sebagai tersangka setelah menjalani pemeriksaan selama 1 kali 24 jam. Sejauh ini, kedua orang tersebut sudah ditahan oleh pihak kepolisian.

Kasat Reskrim Polresta Barelang AKP Andri Kurniawan saat dikonfirmasi, mengartakan, mereka ditangkap pada Jumat lalu bersama 19 TKI dikawasan Nongsa.

Saat itu, mereka baru saja turun dari kapal setiba dari Malaysia. Dati 19 TKI lima diantaranya perempuan, dan selebihnya adalah lelaki.

"Dari hasil pemeriksaan, dia bersalah dan sudah kita tetapkan sebagai tersangka," sebut Andri, Senin (12/11/2018).

Baca: Diduga TKI Ilegal, Polisi Amankan Dua Orang di Pelabuhan Batam Center

Baca: Dikejar Patroli AL, Tekong TKI Ilegal Terjun ke Laut. Tinggalkan TKW Hamil di Speedboat

Baca: Lewat Pelabuhan Tikus hingga Menyamar Jadi Wisatawan, Polda Kepri Ungkap Modus Pengiriman TKi Ilegal

Baca: 138 TKI Dipulangkan Pakai Kapal Ferry. Ini Asal Daerah Mereka

Sementara itu, 19 TKI yang ikut diamankan petugas beberapa waktu lalu sudah dia titipkan kepada pihak BP4TKI. Nantinya mereka yang akan memulangkan ke tempat asal masing-masing.

Ditanyakan apa peran kedua tersangka ini, menurut penyidik, Agus adalah penanggung jawab pemulangan TKI, sementara Aji merupakan orang yang selalu membantu Agus dalam pemulangan para TKI lewat pelabuhan tikus.

Memang untuk di Batam sendiri, keberangkatan dan pemulangan TKI secara ilegal sudah sering terjadi. Hanya saja, para pelaku tidak pernah jera dan selalu melakukan hal yang sama dengan alasan kebutuhan ekonomi.

Kebanyakan, para TKI yang pulang melalu jalur tikus ini adalah TKI yang bermasalah. Diantaranya mereka yang sudah kehabisan Paspor atau izin bekerja disana. Ataupun mereka yang masuk kosong alias masuk tanpa dokumen resmi dalam saat bekerja di Malaysia.(koe)

Penulis: Eko Setiawan
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved