BATAM TERKINI

BP Batam Tawarkan Pengembangan Bandara Hang Nadim ke Munich Airport

Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan penjajakan kerjasama dengan manajemen Munich Airport, dalam kunjungannya ke Jerman, belum lama ini.

BP Batam Tawarkan Pengembangan Bandara Hang Nadim ke Munich Airport
istimewa
Pesawat kargo jenis Antonov 124 100M 150 mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (31/7/2018) sekitar pukul 05.55 WIB. foto ilustrasi bandara 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan penjajakan kerjasama dengan manajemen Munich Airport, dalam kunjungannya ke Jerman, belum lama ini.

Dalam pertemuan yang dipimpin Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo itu, ada beberapa hal yang disampaikan BP Batam kepada perwakilan manajemen Munich Airport. Tidak lain, dalam kerangka pengembangan Bandara Hang Nadim Batam.

"Di situ disampaikan, Bandara Hang Nadim akan dikembangkan menjadi Logistic Aero City," kata Kasubdit Humas BP Batam, Mohamad Taofan, Selasa (13/11/2018).

Baca: Dijadikan Logistic Aero City, BP Batam Tawarkan Pengembangan Bandara Hang Nadim ke Munich Airport

Baca: Simpan Sabu di Dalam Perut, Tiga Pelaku Diamankan di Bandara Batam saat Mau Terbang ke Lombok

Baca: Diguyur Hujan Sejak Pagi, Jarak Pandang Landasan Bandara Hang Nadim Sempat Turun 1.000 Meter

Dikatakan, dari tahun ke tahun penumpang pesawat di Bandara Hang Nadim mengalami peningkatan. Peningkatan penumpang ini meningkat sebesar 10,7 persen dari 2012-2017. Tahun 2017 saja, tercatat jumlah penumpang mencapai 6,326 juta penumpang.

Peningkatan ini seiring dengan peningkatan pesawat yang keluar-masuk ke Hang Nadim. Tahun lalu, tercatat jumlah pesawat yang keluar-masuk mencapai 45.452 pesawat. Begitu juga dengan kargo. Ada peningkatan sebesar 6,34 persen dari 2012-2017. Maka dari itu, dinilai perlu ada peningkatan fasilitas dan lainnya di Bandara Hang Nadim.

"Bandara Hang Nadim ke depannya akan dilakukan perubahan pengembangan yang fundamental. Dari conventional airport menjadi logistic airport," ujarnya.

Taofan melanjutkan, Februari lalu, BP Batam telah memulai rencana pengembangan Bandara Hang Nadim dengan melaksanakan market sounding. Kemudian penyiapan bidding dokumen (April-November 2018), nantinya tahapan pra kualifikasi (Desember 2018-April 2019) serta penunjukan pemenang pada Juni 2019. Skema yang ditawarkan adalah pembiayaan dengan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Dari pihak manajemen Munich Airport menyambut baik rencana pengembangan Bandara Hang Nadim dan akan segera melakukan penjajakan dan berminat untuk berkontribusi dalam pengembangan tersebut," kata Taofan.

Sebelumnya, Kepala BP Batam mengatakan, saat ini calon investor yang tertarik bekerjasama untuk pengembangan Bandara Hang Nadim semakin banyak. Lebih kurang ada 20-an investor. Sebut saja seperti dari Incheon-Korea Selatan, GMR Group dari India, GVK Mumbai dari India, Mitsui dari Jepang, Angkasa Pura II dari Indonesia, dan beberapa lainnya.

"Tapi itu semua masih proses penjajakan. Nanti kita lihat lagi. Kita inginnya juga (mengelola) terminal, kargo dan sebagainya," kata Lukita, beberapa waktu lalu.

Untuk tender pengembangan Bandara Hang Nadim Batam, rencananya akan dibuka Desember tahun ini. "Untuk bandara rencana tender segera dilakukan. Tapi mundur Desember," ujarnya.

Alasannya, untuk kebijakan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), BP Batam perlu dukungan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved