BATAM TERKINI

Daftar Haji Minimal Berusia 12 Tahun. Kemenag Batam Sebut Daftar Tunggu Hingga 15 Tahun

"Daftar tunggu kita memang cukup tinggi. Setiap tahun sudah diisi 1.200, hingga 2033 nanti," ujar Erizal di Batam Center, Senin (13/11/2018).

Daftar Haji Minimal Berusia 12 Tahun. Kemenag Batam Sebut Daftar Tunggu Hingga 15 Tahun
KOMPAS.com/Associated Press/Mosaab Elshamy
Jemaah haji mengeliling Ka'bah di Mekkah, Saudi Arabia. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Tingginya jumlah daftar tunggu untuk pemberangkatan Haji, Kementerian Agma (Kemenag) Kota Batam membuka pendaftaran mulai usia 12 tahun.

Hal ini dikarenakan, daftar tunggu hingga November 2018 pemberangkatan haji, harus menanti 15 tahun untuk bisa melakukan ibadah haji atau pada tahun 2023.

Kepala Kota Batam Erizal Abdullah mengatakan hingga November 2018 daftar tunggu pemberangkatan ibadah haji di Kota Batam mencapai 15 tahun atau sampai tahun 2033.

Daftar tunggu tersebut diketahui dari kuota haji Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang hanya sebanyak 1.200 calon jemaah di setiap tahunnya.

"Daftar tunggu kita memang cukup tinggi. Setiap tahun sudah diisi 1.200, hingga 2033 nanti," ujar Erizal di Batam Center, Senin (13/11/2018).

Baca: Antre Haji di Indonesia Lama? Cobalah Tawaran Kuota dari Taiwan. Begini Caranya!

Baca: Ratusan Jemaah Haji Asal Karimun Sudah Kembali. Keluarga Menyambut dengan Tangis Haru

Baca: Total 23 Anggota Jemaah Haji Embarkasi Batam Meninggal di Arab Saudi. Cek Daftarnya!

Untuk masyarakat Batam yang berniat menunaikan ibadah haji untuk segera mendaftar. Apalagi sekarang memasuki usia 12 tahun sudah bisa masuk daftar tunggu. Bagi mereka yang meninggal pada saat masa tunggu bisa mewakilkan pada ahli waris.

"Bagi yang berusia di atas usia 70 tahun bisa mengajukan permohonan percepatan ibadah haji. Sehingga daftar tunggunya yang bersangkutan bisa dipercepat," tuturnya.

Sementara itu cara haji'>pendaftaran haji bisa dilakukan dengan datang langsung ke Kantor Kementerian Agama Batam, Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam atau Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

"Kalau dihitung rata-rata setiap hari ada 10 calon jemaah haji yang mendaftar," ujar Erizal.

Ia menambahkan dilihat dari banyaknya daftar tunggu haji, maka disampaikan kalau minat masyarakat untuk menjalankan ibadah haji masih tinggi.

Pada musim haji tahun ini, JCH asal Batan yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini mencapai 783 orang.

"Kita memberangkatkan 783 calon jemaah yang tergabung di tiga kloter yakni kloter 1, 19 dan kloter 27 dari 1.200 kuota Kepri," katanya. (rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved