BATAM TERKINI

Di Batam, Usia 12 Tahun Sudah Bisa Daftar Haji, Ini Penjelasan Kepala Kemenag Kota Batam

Bagi masyarakat Batam yang berniat haji diminta untuk segera mendaftar, apalagi sekarang memasuki usia 12 tahun sudah bisa masuk daftar tunggu.

Di Batam, Usia 12 Tahun Sudah Bisa Daftar Haji, Ini Penjelasan Kepala Kemenag Kota Batam
TRIBUNBATAM/LEO HALAWA
Jemaah Calon Haji di Embarkasi Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala Kemenag Kota Batam Erizal Abdullah mengatakan hingga November 2018 daftar tunggu pemberangkatan ibadah haji di Kota Batam mencapai 15 tahun atau sampai tahun 2033.

Daftar tunggu tersebut diketahui dari kuota haji Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang hanya sebanyak 1.200 calon jemaah di setiap tahunnya.

"Daftar tunggu kita memang cukup tinggi. Setiap tahun sudah diisi 1.200, hingga 2033 nanti," ujar Erizal di Batam Center, Senin (13/11/2018).

Bagi masyarakat Batam yang berniat haji diminta untuk segera mendaftar, apalagi sekarang memasuki usia 12 tahun sudah bisa masuk daftar tunggu. Bagi mereka yang meninggal pada saat masa tunggu bisa mewakilkan pada ahli waris.

Baca: Desember, Pemko Batam Terapkan e-Parking di 100 Titik. Begini Cara Download Aplikasi dan Cara Bayar!

Baca: BERITA PERSIB - Masih Rawan Menjauh dari Gelar Juara, Mario Gomez Tak Panik. Ternyata Ini Rahasianya

Baca: Sukseskan Uji Coba e-Parking, 100 Tukang Parkir di Batam Bakal Dapat Handphone Android

Baca: Diduga Sabu Dikemas Mirip Tepung Kue, Calon Penumpang Tujuan Surabaya Dibekuk Aparat di Hang Nadim

Baca: WASPADALAH Jika Ada Mobil Box Masuk Perumahan Dini Hari. Kapolsek Sekupang Ungkap Modus Baru Ini

"Bagi yang berusia di atas usia 70 tahun bisa mengajukan permohonan percepatan ibadah haji. Sehingga daftar tunggunya yang bersangkutan bisa dipercepat," tuturnya.

Sementara itu cara pendaftaran haji bisa dilakukan dengan datang langsung ke Kantor Kementerian Agama Batam, Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam atau Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

"Kalau dihitung rata-rata setiap hari ada 10 calon jemaah haji yang mendaftar," ujar Erizal.

Ia menambahkan dilihat dari banyaknya daftar tunggu haji, maka disampaikan kalau minat masyarakat untuk menjalankan ibadah haji masih tinggi. Pada musim haji tahun ini, JCH asal Batan yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji tahun ini mencapai 783 orang.

"Kita memberangkatkan 783 calon jemaah yang tergabung di tiga kloter yakni kloter 1, 19 dan kloter 27 dari 1.200 kuota Kepri," katanya. (rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved