Tersangka Kasus Korupsi Bansos, Sekda Pemkab Tasikmalaya, Abdul Kodir Ditahan

Sekda Pemkab Tasikmalaya, Abdul Kodir ditahan di Mapolda Jawa Barat setelah ditetapkan tersangka dugaan tindak pidana korupsi bansos.

Tersangka Kasus Korupsi Bansos, Sekda Pemkab Tasikmalaya, Abdul Kodir Ditahan
tribunjabar/isep heri
Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Kodir saat ditemui di ruang kerjanya di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna, Selasa (2/10/2018) 

Tersangka Kasus Korupsi Bansos, Sekda Pemkab Tasikmalaya, Abdul Kodir Ditahan

TRIBUNBATAM.id, BANDUNG - Penyidik Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar menetapkan Sekda Pemkab Tasikmalaya, Abdul Kodir sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dana bansos dan hibah Kabupaten Tasikmalaya. Abdul Kodir pun sudah ditahan di Mapolda Jabar.

"Iya, tadi sore resmi ditahan. Besok selengkapnya akan diekspos di Polda Jabar," ujar Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar, Kombes Pol Samudi via ponselnya, Kamis (15/11/2018).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo mengkonfirmasi soal ekspos tersebut. "Ya, besok Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang akan memberikan pernyataan soal pengungkapan kasus," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko via ponselnya, Kamis (15/11/2018).

Baca: Tumpukan Uang Miliaran hingga Pistol Berlapis Emas, Begini Penampakan Isi Rumah Seorang Bos Narkoba

Baca: VIRAL. Restoran Jepang di Singapura Panen Kritik, Air Mineral Rp 200 Ribu per Botol

Baca: Lacak Lokasi HS, Pemilik Kos Berondong SMS ke Handphone Terduga Pelaku Pembunuhan Satu Keluarga

Baca: INFO CPNS 2018 - Ingin Lolos Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2018? Ini Skala Nilai Wajib Dipenuhi

Baca: Bercak Darah hingga Jejak Sepatu, Simak Sejumlah Fakta Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi

Sejumlah kasus yang akan diungkap salah satunya dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana desa di Kabupaten Karawang serta pengadaan alat kesehatan di Dinas Kesehatan Pemkab Garut.

"Kemudian dugaan tindak pidana korupsi bantuan sosial (bansos) dan hibah Pemkab Tasikmalaya untuk organisasi kemasyarakatan," ujar Trunoyudo.

Sekda Tasikmalaya sebelumnya sempat diperiksa penyidik pada 1 Oktober 2018 di Mapolda Jabar.

Seperti diketahui, dalam kasus itu, dugaan awal penyidik menemukan pemotongan dana bagi penerima hibah senilai Rp 3,4 miliar. Akibat perbuatan itu, ada kerugian keuangan negara dalam kasus tersebut.

Penelusuran Tribun dari delapan badan hukum berupa yayasan keagamaan di Kabupaten Tasikmalaya yang menerima hibah mulai dari Rp 150 juta hingga Rp 250 juta, diduga dipotong dari Rp 97,5 juta hingga Rp 225 juta dengan total Rp 1,2 miliar.

Dana hibah yang berasal dari APBD Tasikmalaya sendiri diteken oleh Bupati Tasikmalaya saat itu, Uu Ruzhanul Ulum. (*)

*Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Breaking News, Sekda Pemkab Tasikmalaya Abdul Kodir Ditahan, Tersangka Kasus Korupsi Dana Bansos

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved